Thursday, December 29, 2016

Mengenal sejarah dan penyebaran hama Keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Keong mas atau dalam bahasa latin disebut  Pomacea canaliculata Lamarck  merupakan hama dari budidaya tanaman padi. keong mas menyerang tan... thumbnail 1 summary

Keong mas atau dalam bahasa latin disebut Pomacea canaliculata Lamarck merupakan hama dari budidaya tanaman padi. keong mas menyerang tanaman padi dengan cara memakan bibit tanaman padi yang masih muda, umur yang diserang oleh hama keong mas yakni sebelum umur bibit padi 14 HST. penyebaran hama keong mas sangat pesat terutama di daerah yang berair dan tersedia makanan yang cukup.


Sejarah penyebaran keong mas
Penyebaran keong mas didalam dunia pertanian cukup unik, yang sebelumnya sebagai hewan peliharaan kemudian menjadi makanan dan akhirnya keong mas menjadi hama yang dihindari oleh para petani.

Sejarah singkat penyebaran keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Benua Amerika merupakan asal penyebaran dari keong mas, penyebaran keong mas masuk ke asia terutama ke Indonesia tidak jelas kapan waktunya, namun pada tahun 1964 di negara Jepang keong mas sudh diperjual belikan sebagai hewan hias dikarenakan warnanya yang menarik berwarna kuning emas sehingga keong mas diperjualbelikan secara bebas, baru ditahun 1981 tepatnya di daerah Yogyakarta keong mas mulai di perjualbelikan sebagai makanan atau cemilan. seiring banyak nya peminat para pembudidaya pun meningkat untuk membudidayakan keong mas.

Penyebaran keong mas bisa dengan dibuang, atau melarikan diri. namun bisa juga terbawa arus hujan dan banjir sehingga penyebarannya merata. sekarang keong mas menjadi hama yang merugikan para petani. menurut beberapa informasi keong mas sudah menyebar ke Kalimantan, NTB, Bali, Sumatra dan hampir ada disetiap provinsi di pulau Jawa.

Habitat keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Habitat keong mas di perairan yang jernih, suu yang disukai oleh keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) kisaran 10 sampai 35 Derajat Celcius. dengan suhu kurang dari 35 Derajat, seringkali keong mas mudah ditemukan didaerah pegunungan, selaing suhu yang cocok untuk keong mas, ketersediaan air jernih pun selalu tersedia, sehingga hama keong mas menjadi hama yang utama untuk pertanian daerah pegunungan. keong mas dapat ditemukan di rawa-rawa, sungai, kolam dan waduk. dibeberapa tempat keong mas dapat juga ditemukan didaerah pantai.

Keong mas berkembangbiak dengan cara bertelur, telur keong mas berwarna merah muda, dengan kelompok telur keong mas dapat berjumlah 300 sampai 500 butir telur keong mas untuk satu kali bertelur atau satu kelompok telur. di beberapa artikel ditemukan, bahwa keong mas dapat menghasilkan 15 bahkan lebih kelompok telur dalam satu kali siklus hidupnya.

Siklus hidup keong mas sendiri mampu berumur 60 sampai 80 hari, keong mas mapu bertahan hidup dicuaca kekurangan air sekalipun dengan cara bersembunyi didalam lumpur dalam waktu yang lama dan dapat bertahan selama 6 bulan. setelah dirasa habitanya kembali basah atau berair, keong mas akan kembali ke permukaan. 

Serangan hama keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Keong mas menyerang tanaman padi di usia kurang dari 14 HST, daya serang keong mas mampu menghabiskan satu rumpun tanaman bibit padi muda dalam satu malam, keong mas merupakan hewan nocturnal atau hewan yang mencari makan pada malam hari. keong mas dapat memangsa bangkai atau keong mas yang lebih kecil jika ketersediaan makanan tidak ada. favorit makanan keong mas yakni dedaunan, seperti bibit padi, rumput, ganggang dan dedaunan seperti daun pepaya.

1 comment

  1. kalo didesa saya sih. dipake jamu ato apa gitu. nice post gan.

    ReplyDelete