Friday, December 23, 2016

Mengenal hama lembing batu (Scotinophara coarctata)

lembing batu atau dalam bahasa ilmiah disebut  Scotinophara coarctata, merupakan hama dari bangsa serangga yang menyerang tanaman budidaya ... thumbnail 1 summary

lembing batu atau dalam bahasa ilmiah disebut Scotinophara coarctata, merupakan hama dari bangsa serangga yang menyerang tanaman budidaya terutama tanaman padi. dikutip dari sebuah artikel, seekor lembing batu atau bisa disebut kepinding mampu hidup kurang lebih selama 3 bulan bahkan dihabitatnya lembing batu mampu hidup sampai 7 bulan.

Lembing Batu (Scotinophara coarctata)
Lembing batu biasanya bisa ditemui disaat terang bulan atau dalam daerah yang mempunyai sorotan cahaya yang terang, lembing batu menyerang tanaman padi dengan menghisap cairan batang padi yang menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan menguning bila di biarkan tanaman padi akan mati setelah 3-5 hari setelah serangan terjadi.

Morfologi dari lembing batu biasanya menetap di sela-sela batang tanaman padi, selain dijadikan tempat bersembunyi dari musuh alami, batang padi merupakan sumber makanan dari lembing batu itu sendiri.

Lembing batu atau dalam bahasa inggris disebut dengan the rice black bug (RBB) mulai menyerang dan terditeksi sejak tahun 1979, habitat dari lembing batu adalah dikawasan Asia tenggara dan Asia selatan.

Wabah serangan lembing batu juga pernah terjadi di daerah China selatan, Filipina, Vietnam, Kamboja, Brunei, Srilangka, Malaysia, Bangladesh, India dan Pakistan.

Lembing batu berbentuk oval dengan panjang 8-9 mm, lembing batu betina mampu bertelur sekitar 200 butir, dan selama masa penetasan telur lembing batu akan menjaga telurnya, telur lembing batu biasana ditaruh dibagian bawah daun pada tanaman , selain itu lembing batu juga bisa menaruh telurnya di sela-sela tanah. telur lembing batu bisa mulai menetas sekitar 3 sampai 7 hari dan melahirkan nimfa, nimfa sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 - 35 hari untuk menjadi nimfa dewasa.

Klasifikasi lembing batu adalah sebagai berikut 

Nama : Lembing batu (Scotinophara coarctata)
Family : Pentatomidae
Ordo : Hemiptera
Jenis organisme : serangga

Lembing batu merupakan serangga yang menyerang tanaman budidaya khususnya tanaman padi pada malam hari, sedangkan pada siang hari lembing batu bersembunyi di sela-sela tanaman. Pengendalian dari lembing batu dengan cara penyemprotan Insektisida.

No comments

Post a Comment