-->
Mengenal apa itu BUAH NAGA

Mengenal apa itu BUAH NAGA

Akhir-akhir ini siapa yang tidak mengenal buah naga, buah yang mempunyai dua jenis yakni buah naga yang berwarna merah dan buah naga berwarna putih pada daging buah naga. buah naga mempunyai banyak sebutan di berbagai daerah, di Inggris buah naga disebut dengan nama Pitaya, di daerah Cina disebut thang loy, sedangkan didaerah eropa ada juga yang menyebutnya dengan Dragon fruit.

Mengenal apa itu BUAH NAGA

Untuk mengenal apa itu buah naga, kita harus mengetahui apa itu buah naga, buah naga adalah buah yang dihasilkan dari tanaman dari keluarga kaktus-kaktusan (Cactaceae) dan dari marga Hylocereus dan Selenicereus. tanaman buah naga mempunyai sifat merambat dan akan terus tumbuh memanjang jika tidak dilakukan pemangkasan.

Disebuah artikel penyebaran buah naga di mulai pada tahun 1870 di Vietman. pertama kali tanaman buah naga ditujukan sebagai tanaman hias yang dibawa oleh rombongan orang Francis dari negara Guyana. perkembangan waktu tanaman buah naga sudah mulai di Budidayakan di negara-negara asia tenggara lainnya seperti Malaysia, Filipina dan termasuk di Indonesia.

Tanaman buah naga mempunya akar yang serabut dan mempunya batang mirip kaktus yang berwarna hijau, warna buah dari tanaman buah naga adalah berwana merah atau merah muda, buah naga mempunyai dua jenis, buah naga berdaging warna merah dan yang berdaging berwana putih, batang tanaman buah naga bisa mengeluarkan akar. untuk membudidayakan tanaman buah naga bisa dengan cara di stek pada batangnya. penyetekan tanaman buah naga cukup sederhana. hanya harus memilih calon batang stek yang baik dan terbebas dai penyakit tanaman. batang yang disediakan untuk penyetekan tanaman buah naga minimal sepanjang 20-30 cm dan cukup di benamkan kedalam tanah dengan kedalaman 5-10 cm. dalam waktu beberapa minggu batang tanaman yang distek akan mengeluarkan akar.

Kandungan yang terdapat dalam buah naga dari kedua jenis tersebut hampir sama, keduanya mengandung protein, vitamin, serat, zat besi dan karbohidrat. dari kandungan yang terdappat dalam buah naga dipercaya dengan mengkonsumsi buah naga bisa mencegah dari berbagai penyakit dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dari radikal bebas.

Rasa yang dihasilkan dari buah naga terasa manis, dingin dan menyegarkan karena buah naga banyak sekali mengandung air didalam daging dari buah naga.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments