Sunday, December 18, 2016

Manfaat Bokashi bagi tanah dan tanaman

Bokashi merupakan pupuk yang bisa dijadikan sebagai pengganti penggunaan pupuk kimia, selain cara pembuatan bokashi yang sederhana, bahan-... thumbnail 1 summary

Bokashi merupakan pupuk yang bisa dijadikan sebagai pengganti penggunaan pupuk kimia, selain cara pembuatan bokashi yang sederhana, bahan-bahan yang diperlukan pun terbilang bisa tersedia di daerah sekitar kita.

Manfaat Bokashi bagi tanah dan tanaman
Dengan tidak sulitnya cara pembuatannya serta bahan yang mudah ditemui, bokashi mempunyai manfaat yang bisa bersaing dengan pupuk lainnya termasuk dengan pupuk kimia. mnfaat dari pupuk bokashi bagi tanah dan tanaman sangat banyak, adapun manfaat bokashi adalah sebagai berikut,

Manfaat bokashi bagi tanah membantu menggemburkan tanah, sehingga tanah tidak lengket disaat basah dan tidak keras disaat tanah kering, dengan diberikannya bokashi, struktur tanah akan gembur dan bisa menyimpan air lebih lama.

Selain itu dengan diberikannya pupuk bokashi, membantu menghidupkan kembali mikroba-mikroba ydidalam tanah, mikroba sendiri berguna untuk memudahkan melakukan proses pembentukan bahan-bahan organik didalam tanah.

Sedangkan manfaat bokashi bagi tanaman yaitu memberikannya unsur hara yang cukup bagi tanaman untuk proses pertumbuhan dan membantu dalam pertumbuhan akar tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dan diharapkan bisa meningkatkan hasil dari panen.

Dari manaat diatas dapat disimpulkan bahwa dengan memberikannya bokashi dapat membantu pertumbuhan tanaman dan membantu untuk meningkatkan hasil dari pertanian. dan tentunya tanaman menjadi organik dan sehat untuk di konsumsi.

3 comments

  1. Kayaknya lebih bagus pakai ini ya daripada pakai pupuk kimia

    ReplyDelete
  2. Pakai bokashi dampak negatifnya pasti lebih sedikit daripada pupuk kimia. Apakah bisa didapat dengan mudah di pasaran Mas?

    ReplyDelete
  3. hemat juga pake bokashi , cuman banyak yg blum tau

    ReplyDelete