Friday, December 23, 2016

Cara pengendalian hama lembing batu (Scotinophara coarctata)

Dibeberapa artikel, lembing batu (Scotinophara coarctata) merupakan hama yang bisa merusak tanaman padi dengan fatal, serangan hama lembing... thumbnail 1 summary

Dibeberapa artikel, lembing batu (Scotinophara coarctata) merupakan hama yang bisa merusak tanaman padi dengan fatal, serangan hama lembing batu menyerang pada puncaknya biasanya saat terjadi terang bulan, disaat itu lah lembing batu menyerang rumpun tanaman. serangan hama lembing batu lebih aktif menyerang pada malam hari, sedangkan di siang hari hama lembing batu cenderung bersembunyi di celah-celah batang padi atau di celah-celah tanah.

Pengendalian hama lembing batu (Scotinophara coarctata)
Serangan hama lembing batu  (Scotinophara coarctata) menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman padi, mulai dari fase vegetatif sampai fase generatif. di fase vegetatif hama lembing batu menyerang batang tanaman, dengan cara menghisap cairan yang ada didalam tanaman, jika tidak ditanggulangi tanaman akan kerdil dan daun akan menguning atau kemerahan seperti terbakar dalam waktu 3-7 hari tanaman akan mati, sama halnya di fase generatif, hama lembing batu menyerang batang tanaman dan menghisapnya.

Ada beberapa cara yang coba di ramngkum oleh blog pertanian tentang pengendalian hama lembing batu  (Scotinophara coarctata), adapun caranya sebagai berikut,

1. Pertanian Organik

Ya.. kenapa pertama harus pertanian organik, karena dengan pertanian organik siklus hidup dari semua organisme yang ada didalam petakan sawah akan seimbang, sehingga hama dan musuh alami akan ada didalamnya, dengan pertanian organik secara tidak langsung kita akan memelihara musuh alami dari lembing batu.

2. Pengendalian secara bijaksana

Maksud pengendalian secara sederhana adalah pengendalian dengan menggunakan Cara, waktu dan penggunaan pestisida secara tepat guna. pengendalian hama lembing batu dengan cara penyemprotan dengan insektisida, dengan sebelumnya petakan sawah digenangi dengan tujuan agar lembing batu tidak dapat bersembunyi dicelah-celah tanaman dan akan secara bertahap naik ke permukaan daun, penyemprotan lembing batu disarankan dilakukan pada waktu pagi hari sekitar jam 6 sampai 10 pagi, jika disore hari jam 3-5 sore. sedangkan penggunaan pestisida yang tetap sasaran akan mengefisiensikan dana, waktu dan tenaga. pengendalian hama lembing batu dengan menggunakan insektisida dengan bahan aktif Deltametrin, Beta sifultriin, dan Lamda Sihalotrin. kandungan bahan aktif tadi dapat ditemui dalam merek dagang seperti Tresna 25EC, Decis 25EC, Matador 25EC dan masih banyak merek dagang lainnya dipasaran.

Dengan pengendalian secara terpadu diharapkan hama dapat dikedalikan dan musuh alami tetap bisa bertahan tidak mati.

1 comment

  1. bermanfaat gan
    mampi juga ke blog ane
    https://kernel12.blogspot.com

    ReplyDelete