Tuesday, December 20, 2016

Cara mudah membuat Bokashi

Cara mudah membuat bokashi, judul yang dipilih untuk menjabarkan relatif mudah dan cepatnya proses pembuatan pupuk hasil fermentasi yang o... thumbnail 1 summary

Cara mudah membuat bokashi, judul yang dipilih untuk menjabarkan relatif mudah dan cepatnya proses pembuatan pupuk hasil fermentasi yang oleh mikroba yang disebut Bokashi.

Mudahnya bokashi di buat dan ketersediaan bahan yang mudah ditemui tidak mengurangi manfaat bokashi bagi tanah dan tanaman, Justru dengan menggunakan pupuk bokashi tanaman bisa lebih mudah untuk penyerapan unsurhara dan membantu menyiadakan unsurhara dalam tanah yang berguna untuk tanaman.

Cara membuat Bokashi
Cara pembuatan bokashi bisa dilakukan dalam skala rumah tangga atau skala kecil. kita ambil contoh untuk pembuatan bokashi dengan jumlah 1 kwintal, berikut kami akan jabarkan tahap-tahap yang dilalui dalam pembuatan puuk bokashi.

Tahap 1, menyiapkan bahan dan alat
Bahan yang akan diperlukan adalah sebagai berikut.
1. Kotoran hewan (Sapi, kerbau, domba dan kelenci) sebanyak  60 kg
2. Sekam padi sebanyak 10 kg
3. Jerami 10 kg
4. Hijau-hijauan (daun Jarak jakarta)  15 kg
5. Dedak sebanyak 5 kg
6. Gula merah 1 kg
7. EM4 sebagai starter

Alat yang akan dipakai adalah sebagai berikut.
1. Terpal
2. Ember
3. Pisau
4. sprayer
5. Bahan penunjang lainnya seperti, sarung tangan, sepatu boot dan masker.

Tahap 2. Cara pembuatan pupuk Bokashi
Setelah semua bahan dan alat tersedia, terlebih dahulu bentangkan terpal yang ada, syarat terpal jangan bocor ataupun robek dikarenakan untuk penutup bokashi. kemudian kohe atau kotoran hewan tadi tuangkan diatas terpal, setelah itu tambahkan dedak, hijau-hijauan (daun jarak jakarta), dan jerami di tambahkan dengan kotoran hewan tadi, kemudian semua bahan diaduk hingga rata. setelah dirasa sudah cukup rata kemudian siapkan larutan EM4 dan gula merah yang sebelumnya diiris tipis-tipis dengan tujuan sebagai sumber makanan miroba dari EM4, setelah larutan EM4 siap siramkan atau semprotkan diatas bahan bokashi yang telah disatukan tadi secara bertahap, aduk kembali sampai merata. pemberian larutan EM4 jangan terlalu banyak atau pun terlalu sedikit, pemeberian EM4 cukup dengan patokan bahan bokashi sudah bisa dikepal dengan tanah, bahan tidak hancur dan tidak mengeluarkan air. setelah pemberian larutan EM4 tadi, bahan ditutup hingga kedap, usaha jika dimusim hujan jangan terkena air hujan, maka bahan bokashi akan gagal menjadi pupuk bekasi.

Setelah 2-3 hari sesekali di kontrol untuk membalik-balik bahan tadi, setelah sekitar 14 -16 hari pupuk bokashi dilihat apakah sukses menjadi bokashi atau gagal, jika terjadi kegagalan tambahkan kembali larutan EM4+gula dan ulangi langkah mengaduk hingga rata.

Sekian pemaparan cara mudah membuat bokashi, selain membantu sebagai pupuk bokashi pun mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi.


6 comments

  1. pupuk organik ? saya pengen buat kayaknya cukup mudah itu

    ReplyDelete
  2. Pupuk organik ya gan ?
    Mampir juga ke blog ane gan
    Https://kernel12.blogspot.com

    ReplyDelete