Monday, December 26, 2016

Cara membuat benih LABU MADU atau BUTTERNUT PUMKIN sendiri

Jarang nya yang membudidaya dan permintaan dari masyarakat semakin meningkat menyebabkan harga labu madu ini menjadi tinggi, dengan hargany... thumbnail 1 summary

Jarang nya yang membudidaya dan permintaan dari masyarakat semakin meningkat menyebabkan harga labu madu ini menjadi tinggi, dengan harganya yang tinggi menyebabkan harga kebutuhan untuk Budidaya labu madu atau Butternut pumkin iktu meningkat tertama untuk kebutuhan benih.

Cara membuat benih labu madu atau Butternut Pumkin sendiri
Dengan harga benih yang tinggi secara langsung menambah biaya bagi petani untuk membudidayakannya, lantas bagai mana agar bisa memangkas biaya dalam budidaya labu madu ini, terutama biaya untuk kebutuhan benih dari labu madu, cara untuk memangkas biaya dengan cara membuat benih labu madu sendiri, kali ini blog sampul pertanian akan berbagi Cara membuat benih LABU MADU atau BUTTERNUT PUMKIN sendiri, caranya cukup sederhana, kita hanya harus menyiapkan bahan dan alat untuk membuat benih labu madu sendiri, adapun bahan dan alatnya sebagai berikut,

Bahan-bahan

Benih atau biji labu madu
benih atau biji labu madu ini di ambil dari labu yang sudah sangat tua, teknik pengambilan biji labu untuk benih membutuhkan waktu, setidaknya menunggu labu madu menjadi benar-benar tua, labu madu yang tua ditandai labu berwarna kuning dan sedikit putih, kemudian daun tanaman labu sudah mulai layu dan mengering, bertanda tanaman sudah tua.

Alat yang akan diperlukan

1. Pisau
2. Sendok
3. Wadah (Nampan)

Cara membuat benih labu madu

Pertama-tama siapkan labu madu yang sudah tua, kemudian labu madu dibelah menjadi dua, setalah itu pisahkan kan biji dari daging labu madu dengan cara dikerok menggunakan sendok, setelah dirasa telah dipisahkan semua, besihkan sisa-sisa daging labu madu tadi yang masih menempel dengan biji. setelah benar-benar bersih. simpan biji labu madu tadi diatas wadah, untuk di jemur. biji labu yang akan dijemur beralas kertas, agar memudahkan untuk mengambil. penjemuran biji labu madu tadi bisa selama 2-3 hari tergantung cuaca. usahan biji benar-benar kering. langkah terkahir dilakukan seleksi biji, pilih biji yang terlihat sehat dan tidak cacat atau terpotong sewaktu membelah labu madu tadi, setelah diseleksi biji labu tadi sudah siap menjadi benih labu.

Mudah bukan cara membuat benih labu madu sendiri, daya tahan benih bisa mencapai 6 bulan jika disimpan pada suhu kering dan tidak lembab, penyimpanan benih diusahak kedap udara agar mencegar terjadi kelembaban yang disebabkan oleh udara.

No comments

Post a Comment