Sunday, December 11, 2016

Cara membuat benih cengek sendiri dengan mudah

Cengek atau dalam bahasa Indonesia disebut cabai yang mempunyai ukuran yang lebih kecil namun mempunyai rasa pedas yang tinggi. thumbnail 1 summary
Cengek atau dalam bahasa Indonesia disebut cabai yang mempunyai ukuran yang lebih kecil namun mempunyai rasa pedas yang tinggi.


Cengek sendri akhir-akhir ini menjadi primadona dikarenakan harga jual yang tinggi apalagi jika kebutuhan cengek meningkat seperti di bulan ramadhan harganya pun bisa naik 2-3 kali lipat dari harga normal.

Membuat benih cengek sendiri


Kebutuhan masyarakat akan cengek sangat stabil bahkan cenderung meningkat tiap tahunnya, dengan mempunyai rasa yang pedas seringkali cengek dijadikan bahan utama pengganti cabe untuk sambal atau masakan pedas lainnya. seiring meningkatnya kebutuhan akan cengek, secara tidak langsung ikut membawa harga benih cengekpun naik dipasaran,

Tingginya harga benih cengek dipasaran membuat para petani perlu menambah modal tambahan untuk membeli benih dalam usaha budidaya tanaman cengek, untuk mengantisipasinya kita bisa membuat benih cengek secara sendiri dengan mudah. adapun langkah-langkah untuk membuat benih cengek sendiri dengan mudah adalah sebagai berikut.

Langkah 1.

Siapkan buah cengek yang matang, ciri-ciri benih cengek yang matang umumnya mempunyai warna merah tua atau merah pekat. jumlah cengek yang diperlukan dalam membuat benih tergantung pada keperluan kebutuhan kita akan benih cengek tersebut.

Langkah 2.

Setelah buah cengek disediakan, belah buah cengek tersebut dengan pisau dan pisahkan antara biji dan kulit cengek, pada langkah ini kita perlu hati-hati agar biji buah cengek tidak belah atau rusak oleh pisau.

Langkah 3.

Pada langkah ini, setelah biji cengek dipisahkan dari kulit dan daging cengek kemudian simpan biji cengek tadi di nampan untuk dijemur, penjemuran biji cengek sendiri dilakukan sampai biji cengek kering.

Langkah 4.

Setelah biji cengek kering, seleksi biji cengek tadi. pisahkan biji cengek yang rusak atau yang terlihat tidak normal, langkah ini bertujuan untuk mendapatkan benih kualitas yang tidak rusak.

Langkah 5.

Langkah terakhir yaitu penyimpanan, langkah ini bertujuan agar benih tahan lama dan bisa ditanam dilain waktu. penyimpanan benih cengek sendiri bisa menggunakan botol dan ditutup rapat agar terhindar dari kelembaban udara.

1 comment

  1. Ouhh jadi gitu toh gan cara membuat benih cabe dengan sendiri..
    ternyata tidak sulit yaa membuat benis sendiri..
    sungguh baru tau nih saya gan..
    bermanfaat dan inpiratif serta thanks banget gan pengetahuannya..

    ReplyDelete