Sunday, December 11, 2016

5 cara praktis mengendalikan keong mas pada tanaman padi

Keong mas atau dalam bahasa latin disebut Pomacea canaliculata lamarck  merupakan salah satu hama pada tanaman padi, keong mas menyerang t... thumbnail 1 summary

Keong mas atau dalam bahasa latin disebut Pomacea canaliculata lamarck merupakan salah satu hama pada tanaman padi, keong mas menyerang tanaman padi pada usia muda yakni pada saat umur padi kurang dari 14 HST. 


Keong mas menyerang tanaman padi dengan cara memakan hampir seluruh bagian dari tanaman padi dimulai dari batang, daun sampai akar dari tanaman padi.

5 cara praktis mengendalikan keong mas pada tanaman padi
Keong mas berkembang biak dengan cara bertelur, telur keong mas biasanya diletakan di batang-bantang tanaman padi, namun  dibeberapa tempat seperti disungai, danau ataupun kolam, telur keong mas diletakan di pinggiran kolam seperti di tembok atau dibatang-batang kayu. perkembangan keong mas sangat cepat, menurut penelitian keong mas dari telur sampai menjadi keong mas dewasa hanya membutuhkan waktu sekitar 45-50 hari saja.

Serangan keong mas dalam satu petak sawah bisa menghabiskan bibit muda tanaman padi hanya dalam waktu semalam saja. hal ini sangat merugikan para petani sehingga diperlukan pengendalian terhadap hama keong mas.

Pada artikel kali ini blog sampul pertanian mencoba membahas tentang 5 cara praktis mengendalikan keong mas pada tanaman padi. adapun cara nya sebagai berikut,

1. Membuat parit

Membuat parit pada petakan sawah adalah langkah untuk mencegah hama keong mas meluas dan merusak tanaman padi lebih ja. cara pengendalian ini dilakukan sebelum bibit padi ditanam atau disaat pengolahan lahan. cara peuh, pembuatan parit pada petakan yaitu dengan cara membuat saluran air dipinggiran pematang, dengan tujuan mengundang keong mas agar berkumpul sehingga memudahkan untuk mengambil.

2. Pengairan Intermiten atau pengairan berselang

Pengairan intermiten atau sering disebut dengan pengairan berselang selain berguna untuk sirkulasi oksigen dalam tanah bagi tanaman, ternyata pengairan intermiten juga berpengaruh terhadap penyebaran hama keong mas, kita ketahui bahwa penyebaran keong mas sangat tergantung sekali pada air yang menggenang, jika petak sawah digenangi terus maka penyebaran keong mas pun akan samakin bertambah, beda hal jika mengaplikasikan pengaturan air secara intermiten atau pengairan berselang, petak sawah akan basah ketika tanaman dirasa sudah membutuhkan air, setelah itu petak akan dilakukan pengeringan kembali.

3. Mengumpulkan keong dan telurnya

Cara ini terbilang sangat sederhana, dikarenakan keong mas dikumpulkan dengan cara mengabil satu persatu dari petakan pesawahan, pengambilan koeng mas bisa dengan jaring atau pun dengan tangan secara langsung. setelah terkumpul keong mas bisa di jauhkan dari petakan sawah ataupun bisa dimanfaatkan untuk hal lain seperti dibuat Mikro organisme loka berbahan keong mas atau sering disebut dengan MOL Keong mas.

4. Melepas musuh alami

Cara praktis ke empat yakni dengan melepas musuh alami dari keong mas, musuh alami dari keong mas salah satunya yaitu bebek, dengan melepas bebek pengandalian keong mas di petak sawah akan lebih ringan. selain mengendalikan hama keong mas kita juga bisa memberi pakan bernutrisi bagi ternak bebek milik kita, proses yang menguntungkan bagi petani.

5. Pengendalian dengan pestisida

Cara praktis yang terakhir yakni dengan menggunakan pestisida, penggunaan pestisida sebenarnya antisipasi cara terakhir jika keong mas melebihi ambang batas atau 4 cara praktis diatas tidak bisa dilakukan karena ada faktor tertentu. Pengendalian keong mas dengan menggunakan pestisida bisa dilakukan dengan dua cara yakni pertama dengan cara menggunakan pestisida nabati berbahan umbi gadung yang sudah dipercaya ampuh untuk mengendalikan keong mas dan cara kedua dengan menggunakan pestisida kimia, jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan keong yaitu jenis pestisida Moluskisida atau pestisida khusus untuk hama berfamily Moluska.

Demikian pembahasan  blog sampul pertanian tentang 5 cara praktis mengndalikan keong mas pada tanaman padi. semoga bisa bermanfaat untuk mengendalikan hama keong mas.

3 comments

  1. tips2 nya bagus kak,,, ditunggu tips2 selanjtnya

    ReplyDelete
  2. sip gan infonya sekarang keong mas jadi hama padi apalagi ketika mau nanam padi

    ReplyDelete
  3. mantab gan sangat bermanfaat
    visitor juga punya ane gan hehe
    https://kernel12.blogspot.com

    ReplyDelete