Monday, November 28, 2016

PUPUK KANDANG adalah

Pupuk kandang adalah pupuk yang dihasilkan dari kotoran hewan ternak atau sering disebut kotoran hewan (kohe), pupuk kandang tergolong pup... thumbnail 1 summary

Pupuk kandang adalah pupuk yang dihasilkan dari kotoran hewan ternak atau sering disebut kotoran hewan (kohe), pupuk kandang tergolong pupuk organik dikarenakan pengolahan dari pupuk kandang tidak melalui proses kimia atau tercampur bahan kimia.

Pupuk Kandang | Sampul Pertanian

Pupuk kandang tergolong pupuk dengan lengkap unsur hara nya, namun terlebih dahulu perlu di olah dan jangan diberikan secara langsung, alasan kenapa pupuk kandang jangan diberikan secara langsung karena pupuk kandang masih mengandung amoniak yang tinggi dan mengakibatkan rusaknya pada tanaman. oleh karena itu pupuk kandang perlu di olah terlebih dahulu.


Pengolahan pupuk kandang bisa dengan difermentasi, diuraikan bahkan bisa dengan hanya dikeringkan terlebih dahulu, gunanya untuk menghilangkan zat amoniak yang terkandung dalam pupuk kandang.

Pupuk kandang meliputi kotoran ayam, kotoran domba, kambing, sapi dan jenis kohe-kohe lainnya, fungsi dari pupuk kandang yaitu utuk menyuburkan, menggemburkan tanah dan memberi kebutuhan unsur hara pada tanaman. dengan banyaknya fungsi dari pupuk kadang sekarang para petani sekarang sudah mulai menggunakan pupuk kandang sebagai pengganti pupuk kimia.

Kebutuhan pupuk kandang dalam budidaya memang sangat banyak jumlahnya dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia, namun jangka pemakaian pupuk kandang bisa bertahan lama dan bisa membantu secara bertahap memperbaiki struktur tanah yang telah rusak atau asam oleh pemberian berlebih pupuk kimia.

8 comments

  1. Lebih bagus mana pupuk kandang sama pupuk organik?

    ReplyDelete
  2. baru tau ada Pupuk Kandang gan hehe

    ReplyDelete
  3. Dulu sampe iseng bikin pupuk kotoran kelinci. Dijemur entah berapa lama dan akhirnya garing trus dicampur tanah dan bener2 bisa nyuburin tanaman tp proses penjemuran nya yg lama mana pake sinar matahari gak di oven (kayak pas kuliah diajarin pake oven tp jelas bakalan banyak unsur yg hilang juga Meski kelebihannya cepat garing)

    ReplyDelete
  4. bermanfaat
    https://kernel12.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. bahan pupuk kandang bisa dicampur gak gan? contohnya gabungan antara kotoran sapi dan ayam
    http://beritailmiahblog.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. mak ane sering naburin, kulit bawang, pecahan telor, sama apalah lupa.. apa itu termasuk pupuk kandang?

    ReplyDelete