Thursday, November 10, 2016

Petani adalah pahlawan pangan nasional

Kita banyak mengenal dengan banyak istilah pahlawan, seperti pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi, pahlawan perjuangan atau pahlawan-pa... thumbnail 1 summary

Kita banyak mengenal dengan banyak istilah pahlawan, seperti pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi, pahlawan perjuangan atau pahlawan-pahlawan lainnya, seperti pahlawan lainnya, petani juga tergolong sebagai pahlawan, petani berjuang sebagai pahlawan bukan dengan senjata juga bukan dengan perang melainkan petani berjuang sebagai pahlawan dengan dedikasinya mewujudkan kedaulatan pangan nasional. karena itu petani sering juga disebut dengan pahlawan pangan nasional.


Petani adalah pahlawan pangan
Untuk mewujudkan kedaulatan pangan petani berusaha untuk berjuang dengan meningkatkan hasil pertaniannya, banyak kendala untuk mewujudkann hal tersebut seperti faktor cuaca, faktor lingkungan serta faktor non teknis lainnya seperti harga pupuk dan pestisida yang terus meningkat. namun petani tidak pernah merasa mengeluh dan terus mencoba, tujuan meraka hanya satu. yaitu bertani. walau mereka gagal panen bahkan gagal tanam namun tetap terus mencoba dimusim selanjutnya.

Dalam perjuangannya, petani tidak sendiri melainkan dibantu oleh pihak pemerintah berupa disediakannya penyuluh pertanian ditiap desa, diberikannya modal tambahan, memberikan subsidi untuk pertanian juga diberikannya bantuan-bantuan lainnya yang bersifat membangun pertanian nasional dan sekarang petani pun dibantu juga oleh pihak TNI AD berupa diturunkannya tiap Babinsa untuk mengawal dan membantu para petani. semua program pemerintah itu bertujuan untuk mensejahterakan petani dan mewujudkan kedaulatan serta swasembada pangan nasional.

Dengan dedikasinya itu, pemerintah sekarang mulai membenahi tiap saluran-saluran pengairan dan memperbaiki juga penampungan-penampungan air seperti sungai dan waduk.

Seperti pahlawan lainnya yang diperingati setiap tanggal 10 November sebagai hari dedikasi khusus untuk para pahlawan, petani pun mempunyai hari khusus yang diperingati setiap tanggal 24 September sebagai hari tani nasional.

4 comments

  1. Selamat hari pahlawan gans...

    Petani jg pahlawan bangsa ini yang nyediain pangan

    ReplyDelete
  2. Kebetulan keluarga di Lampung berasal dari petani juga. Jadi ngerasain banget gimana susahnya mereka apalagi kalo panen gagal. Dan harga-harga panen yg murah jg kadang ga sebanding harga bahan pokok yg makin mahal.

    ReplyDelete
  3. Tanpa mereka kita susah makan nasi dan sayur-sayuran.
    Semoga para petani di indonesia sehat selalu

    ReplyDelete
  4. baru tau ni gan.....ada hari khusus buat petani.....nambah wawasan ni gan...nice post....

    ReplyDelete