Wednesday, November 9, 2016

Catatan seorang penyuluh pertanian

Dalam perkembangan zaman, sektor pertanian senantiasa mulai tergerus oleh perkembangan zaman modernisasi seperti banyak pembangunan peruma... thumbnail 1 summary

Dalam perkembangan zaman, sektor pertanian senantiasa mulai tergerus oleh perkembangan zaman modernisasi seperti banyak pembangunan perumahan, pembangunan pabrik atau bahkan pengekploitasian lahan sehingga berpengaruh terhadap ketersediaan lahan untuk bertani, kita lihat dikota kota besar, lahan pertanian yang semakin kecil atau bahkan nyaris menghilang ditelan gedung gedung bertingkat.


Penyuluhan pertanian
Peran serta penyuluh semakin diperlukan dalam zaman modern seperti sekarang ini, selain untuk membantu meningkatkan hasil pertanian terutama bahan pangan seperti beras, penyuluh pertanian pun juga harus memotivasi dan ikut serta dalam mensejahterakan para petani.

Peran penyuluh dalam sektor pertanian sangat dibutuh untuk mengantisipasi krisis pangan, kendala yang dihadapi untuk mengantisipasi krisis tersebut seringkali karena terjadinya faktor cuaca, ekploitasi lahan yang berakibat berpengaruhnya debit air untuk mengairi sawah dan pembangunan yang memakan lahan pertanian. dengan kendala seperti itu lantas bagai mana dengan metode untuk mendukung peningkatannya hasil pertaniannya? metode untuk meningkatkan hasil pertanian pun semakin di perkenalkan kepada para petani, seperti Metode Jajar legowo, metode Hazton, SRI, SLPTT, SLPHT dan metode metode lainnya yang dapat meningkatkan hasil dari pertanian. dalam penyampaian metode-metode ini perlu diadakannya kontak langsung dengan para petani, yaitu dengan cara penyuluhan atau penyampaian dari metode pertanian tersebut.

Suka dan duka yang dijalani oleh penyuluh pertanian salah satunya adalah, jam kerja yang harus siap ditempatkan kapan saja diperlukan, ketika pegawai kantoran masuk jam 08.00 pagi dan pulang jam 16.00 sore, berbeda dengan penyuluh pertanian, harus mengikuti waktu yang disepakati oleh para petani. tidak jarang para penyuluh harus melakukan penyuluhan pertanian pada siang, sore bahkan pada malam hari sekalipun. kondisi seperti ini memang sudah biasa dikarenakan harus memaklumi kondisi para petani. biasanya petani yang siap untuk menerima materi penyuluhan disaat sedang santai dan tidak terganggu oleh kegiatan sehari-hari.

Poto bersama dengan para petani
Ada duka, adapun suka, dengan kegiatan penyuluhan pertanian selain kita dapat menyampaikan materi penyuluhan pertanian yang bermanfaat, juga dapat mengenal karakter para petani yang hadir, adat istiadat suatu desa dan menikmati kebersamaan bersama petani yang tidak didapat oleh pekerja kantoran. kebanggaan yang tidak dapat dinilai lainnya adalah disaat penyuluh melihat hasil dari pertanian di petani binaannya bisa meningkat dari musim sebelumnya. bonus dari itu semua.. tidak jarang penyuluh pertanian membawa buah tangan yang diberi oleh petani biasanya buah tangan itu berupa hasil pertanian, dan untuk penyuluh pertanian yang lajang tidak jarang petani memberi peluang mencarikan jodoh didaerah desa binaannya tersebut.

1 comment