Friday, November 25, 2016

Cara membuat dan manfaat MOL Pepaya busuk

Ketika mampir ke pasar tradisional, melihat banyak berserakan sampah buah pepaya yang hendak dibuang. thumbnail 1 summary

Ketika mampir ke pasar tradisional, melihat banyak berserakan sampah buah pepaya yang hendak dibuang.

Memang tak banyak yang mengetahui bahwa buah pepaya busuk masih bisa digunakan, terutama sebagai pupuk pada tanaman, lantas bagai mana cara untuk menjadikan buah pepaya busuk dijadikan pupuk pada tanaman,? buah pepaya busuk bisa dijadikan pupuk dengan cara dijadikannya Mikro organisme lokal atau sering disebut dengan MOL.

MOL Buah pepaya busuk | Sampul Pertanian
Membuat MOL pepaya busuk terbilang cukup sederhana, sesuai pengalaman penulis tentang cara pembuatan MOL Dari pepaya busuk diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan yang di butuhkan.

Adapun alat dan bahan yang akan diperlukan adalah

Alat

1. Jeriken/jerigen
2. Pisau
3. Tumbukan
4. Saringan
5. Alat pengaduk
6. Ember

Bahan

1. Buah pepaya       = 1 kg
2. Gula merah       = 1/2 kg
3. Air cucian beras       = 1 liter
4. Air kelapa        = 1 buah kelapa

Cara pembuatan


Pertama-tama potong-potong utama yakni buah pepaya busuk menjadi beberapa bagian, tidak perlu dikupas dengan menggunakan pisau, kemudian buah pepaya busuk yang telah di potong-potong tadi ditumbuk hingga halus biasanya akan berair, dilanjutkan masukan kedalam ember.

Sementara iris gula merah tipis-tipis, kemudian aduk dengan air cucian beras dan air kelapa yang sebelunya sudah disiapkan, sesuadah larutan ini di buat, satukan dengan tumbukan buah pepaya busuk yang tadi. aduk-aduk hingga merata. sesudah itu masukan kedalam jeriken, tutup cukup dengan kain, dengan tujuan agar reaksi pada mol bisa berjalan baik.

Jika semua langkah diatas telah dilakukan, MOL buah pepaya busuk diamkan selama 2 minggu, indikasi MOL sukses di buat jika tercium aroma wangi saperti permen atau tape. namun jika MOL buah pepaya gagal akan trcium bau busuk. namun tidak perlu khawatir jika terjadi kegagalan,. jika terjadi kegagalan tinggal ditambah gula kembali dan diamkan selama 1 minggu. biasanya sudah tercium bau permen atau tape.

Manfaat dari MOL Buah pepaya busuk pada tanaman padi untuk membantu proses pembuahan dan membuat tanaman lebih kuat. takaran pemberian yakni takaran untuk 1 tanki 14 liter hanya dengan 1-2 gelas air mineral saja, frekuensi pemberian per 10 hari, atau pemberian lebih tidak akan terjadi efek samping karena bahannya organik, untuk pemberian Mol buah pepaya busuk ini dilakukan penyaringan agar tidak tersumbat pada nozle sprayer saat penyemprotan.

No comments

Post a Comment