-->
6 Cara pemanfaatan Jerami

6 Cara pemanfaatan Jerami

Dimasa musim panen tiba sering kita menemukan banyak tumpukan-tumpukan jerami dipinggir petakan sawah yang jarang dimanfaatkan oleh petani.


Pemanfaatan Jerami | Sampul Pertanian
Dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kurangnya mengerti tentang manfaat dari jerami, adapun seringkali kita temui para petani membiarkan begitu saja dan bahkan membakarnya, padahal dalam kandungan jerami tersimpan berbagai unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, seperti kandungan Nitrogen (N), Fospat (P), Kalium (K) dan beberapa unsur hara lainnya yang tentu sangat berguna untuk perkembangan tanaman.
Banyak petani melakukan pembakaran jerami dikarenakan dengan alasan lebih gampang untuk membersihkannya dari petak pesawahan, sedangkan ada cara lain untuk pemanfaatan jerami selain dengan cara dibakar, berikut blog sampul pertanian merangkumnya menjadi beberapa cara diantaranya,

1. Jerami sebagai pupuk organik

Pemanfaatan Jerami bisa dijadikan sebagai pupuk organik, kita mengetahui banyaknya kandungan nutrisi untuk tanaman yang terkandung dalam jerami bisa membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan dari tanaman, kandungan paling banyak didalam jerami adalah Nitrogen (N) sehingga para petani bisa menghemat pembelian Urea

2. Jerami bisa  menyuburkan dan menggemburkan tanah

Dengan hanya dibiarkan membusuk saja jerami bisa menyuburkan dan menggemburkan tanah, dikarenakan proses pembusukan jerami mengundang binatang-binatang yang menguntungkan tanaman seperti cacing. apalagi jika jerami diolah menjadi lebih bermanfaat seperti dibuat pupuk organik, mol dan yang lainnya.

3. Sebagai media untuk budidaya jamur


Para patani masih bisa memanfaatkan jerami dengan menjadikanna sebagai media tumbuh dari jamur, terutama jamur kancing, namun beberapa jamur lain pun bisa tumbuh di media tanam jerami.

4. Sebagai bumbunan pada tanaman budidaya 


Membumbun  dengan jerami terutama untuk penanaman singkong, sangat membantu perkembangan akar tanaman singkong, sehingga hasil umbi dari tanaman singkong bisa lebih meningkat dan lebih menguntungkan

5. Sebagai pakan ternak


Didaerah tertentu seperti dikabupaten Garut, jerami digunakan sebagai bahan untuk pakan ternak, yang sebelumnya dicampur dengan molase.

6. Alas pada kandang ternak


Seringkali kita temui ternak yang dikelola oleh para petani dialasi dengan jerami kering, selain lebih irit penggunaan jerami bisa menyerap kelembaban yang ada didalam kandang. agar kandang tetap dalam keadaan kering.

Dari beberapa manfaat diatas, mari kita mendorong para petani agar bisa lebih memanfaatkan jerami untuk beberapa hal yang bukan hanya dibakar begitu saja.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

14 comments

betul tuh kang, banyak banget manfaat jerami di kehidupan sehari hari..

Balas

Wow ternyata ,jerami ada manfaatnya juga baru tau.

Balas

Enak nih buat yg tinggal deket sawah!

Balas

Ternyata banyak juga ya manfaatnya. Sewaktu saya di kampung jerami banyak dibakar biar sawahnya bersih namun ada juga buat makan sapi katanya, ,

Balas

Kalo budidaya jerami cocoknya di daerah yang bagaimana gan?

Balas

makasih atas infonya gan, ternyata jerami memiliki banyak manfaat

Balas

iya.. kang.. sayang petani belum mengerti tentang manfaatnya

Balas

ada mas,, bisa buat pupuk dan pakan baik banget

Balas

tentu mas.. tiap pagi disuguhi udara segar dan pemandangan yang hijau.hehehehe..

Balas

mana ada gan budidaya jerami.hehee.. jerami cenderung limbah dari pertanian sawah

Balas

sama-sama mas.. terima kasih sudah mampir di blog kami.hehehe

Balas

domba, sapi mas.. didaerah garut pakan domba biasanya pakai jerami.

Balas