Thursday, October 13, 2016

Pengertian panen

Pengangkutan waktu panen Didalam dunia budidaya pasti kita mengenal dengan istilah panen..?? lantas apa yang dimaksud panen, banyak ve... thumbnail 1 summary
Pengangkutan waktu panen
Didalam dunia budidaya pasti kita mengenal dengan istilah panen..?? lantas apa yang dimaksud panen, banyak versi yang mengartikan tentang istilah panen, namun panen dapat diartikan sebagai kegiatan dalam budidaya baik itu di bidang pertanian, perternakan ataupun bidang perikanan dan perkebunan yang dilakukan pada akhir untuk menikmati hasil kerja keras selama merawat dan menjaga sesuatu yang dibudidayakan serta panen adalah awal dari kegiatan pasca panen.

Kegiatan panen dalam bidang pertanian meliputi pemotongan malai, Pengumpulan malai, Perontokan dan pembersihan gabah serta Pengeringan, Penyimpanan, Penggilingan, Pengemasan dan pengangkutan serta pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan di waktu pasca panen. Dengan demikian komoditas yang baru kita panen akan bertahan lebih lama dan mampu dipasarkan dalam keadaan kualitas masih terjaga.

Langkah pertama sebelum pemanenan dilakukan adalah mengamati tanaman padi pada hamparan pesawahan dengan cara melihatnya secara langsung. Jika bulir gabah terlihat 90% sampai 95% bulir gabah pada malai padi sudah terlihat berwarna  kuning atau berwarna kuning keemasan maka padi siap untuk dipanen bisa juga dengan cara manual yaitu dengan meremas malai padi dengan tangan jika 16-30% malai padi rontok maka tanaman padi siap dipanen.

Umur padi siap dipanen bervariatif tergantung pada varietas padi yang ditanam, ada yang berumur 90 sampai 110 hari.

TAMBAHAN : Dalam kegiatan panen tidak terlepas dari kegiatan pasca panen, pasca panen sama pentingnya dengan kegiatan panen dikarenakan dengan melakukakan penanganan pasca panen, hasil dari panen dapat di simpan lebih lama atau bisa dilakukan langkah selanjutnya berupa pemasaran.

Penanganan pasca panen salah satunya kegiatan pngeringan padi, dengan dilakukan pengeringan, padi dapat bertahan lebih lama. Pengeringan padi dilakukan ketika proses panen sudah selesai. Dengan cara padi di hamparkan kemudian dijemur dibawah sinar matahari, kadar air untuk padi yang baik sekitar 14% atau kurang bertujuan agar padi lebih kuat saat dilakukan penggilingan namun sebliknya jika kadar air lebih dari 14%, padi akan lebih lembek saat digiling mengakibatkan padi akan patah, selain itu penyimpanan akan lebih cepat busuk dikarenakan kelembaban pada padi masih tinggi.

9 comments

  1. Ayo majukan pertanian Indonesia (y)

    ReplyDelete
  2. mantap gan, itu kerjaan ane dulu :)

    ReplyDelete
  3. pertanian indonesia harus di kembangkan

    ReplyDelete
  4. Mantap di tunggu tulisan tentang pertanian selanjutnya

    ReplyDelete
  5. Pasca panen ternyata masih harus melakukan kegiatan yang tidak kalah pentingnya sebelum masa panen

    ReplyDelete
  6. bermanfaat gan, ditunggu tulisan selanjutnya,

    ReplyDelete
  7. Anda Punya penyakit ? Anda ingin mendapat Informasi tentang keputihan ? Wasir , kencing Nanah , Gonore?? Konsultasi Dokter secara online Gratis (PMS) www.m.klinikapollo.com jangan lupa kunbal gan

    ReplyDelete
  8. Blog agan cocok juga ane gan, maklum tinggal di kampung hehehee

    ReplyDelete