Friday, October 7, 2016

Pengertian Gulma

Gulma dapat diartikan tumbuhan yang tumbuh diantara tanaman budidaya yang mengakibatkan adanya persaingan penyerapan unsur hara, air,  m... thumbnail 1 summary

Gulma dapat diartikan tumbuhan yang tumbuh diantara tanaman budidaya yang mengakibatkan adanya persaingan penyerapan unsur hara, air,  maupun sinar matahari sehingga menghambat pertumbuhan dan mengakibatkan penurunan hasil produksi.

Pengertian Gulma
Beda halnya dengan Hama yang menyerang semua jenis budidaya, Gulma sendiri lebih sering menyerang jenis budidaya dalam bidang pertanian, namun kadang juga gulma menyerang peternakan dan perikanan namun biasanya tidak begitu berpengaruh terhadap hasil produksi.

Gulma dapat digolongkan menjadi beberapa jenis seperti gulma berdaun lebar, gulma rumput-rumputan, pakis (tanaman paku) dan gulma teki-tekian.

Gulma berdaun lebar

Gulma jenis ini terbagi 2 (dua) jenis yaitu gulma jenis darat dan gulma jenis air. 
gulma jenis darat mempunyai ciri gulam hidup didarat, dapat tumbuh dengan cara generatif ataupun vegetatif, umur gulma ini bisa memcapai tahunan
contoh : Babadotan (Agerathum conyzoides), alang-alang (Imperata cylindrica), 

Gulma jenis air dibedakan menjadi tiga, yaitu gulma air yang keluar ke permukaan tumbuh dari dasar contoh : Teratai (Nymphaea sp), Lili air (Sagittaria spp). Gulma yang hidupnya terapung diatas permukaan air Eceng gondok (Eichhorina crassipes) Kiambang (Silvinia spp), dan gulma yang tenggelam di dalam air contoh Moss (Ceratophyllum Demersum).

Gulma rumput-rumputan

Gulma rerumputan mempunyai ukuran yang bervariasi, ada yang tegak, ada yang menjalar, hidup dalam semusim, atau bertahan hingga tahunan. Batang jenis gulma ini disebut culms, mempunyai ruas dengan buku-buku yang terdapat antara ruas dan pelepah daun dan helaian daun.
contoh : Rumput lampuyangan/jajahean (Panicium repens), Jukut pahit (Axonopus compressus), Rumput belulang (Eleusine indica)

Gulma jenis pakis

Gulma jenis ini yang berbentuk kormus atau sudah memiliki akar, daun dan batang. bentuk daun gulma ini menyirip seperti bulu. penyebaran gulma ini dengan spora yang keluar dari daunnya. gulma ini tumbuh baik ditempat yang lembab atau basah.
contoh Pakis udang (Stenochlaena sp), Pakis kawat (Dicranopteris sp), Pakis naga (Pteridium sp)

Gulma teki-tekian

Gulma jenis ini hampir mirip dengan gulma jenis rerumputan namun membedakannya guma jenis ini mempunyai umbi yang mampu bertahan berbulan-bulan untuk kembali tumbuh diwaktu musim penghujan.
contoh : Rumput teki (Cyperus rotundus)


Pengendalian Gulma dengan cara penyemprotan Pestisida jenis Herbisida atau secara manual


No comments

Post a Comment