Wednesday, October 19, 2016

Pemanfaatan ruang dengan budidaya jamur tiram (Pleurotus ostreatus)

Budidaya Jamur Mungkin untuk daerah perkotaan khususnya diperumahan ruang sisa dihalaman atau dipekarangan rumah sangat sedikit atau b... thumbnail 1 summary
Budidaya Jamur

Mungkin untuk daerah perkotaan khususnya diperumahan ruang sisa dihalaman atau dipekarangan rumah sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. beda halnya dengan di daerah pedesaan, banyaknya ruang dan halaman atau pekarangan yang luas bisa dimanfaatkan dengan optimal atau bahkan bisa dijadikan sumber pendapatan sehari hari.

Adalah Aripin (28), Pemuda dari Desa Parung Kecamatan Subang yang telah mempraktekan dan memanfaatkan ruang sisa seperti "Panyaweran" menjadi lebih bermanfaat dan bisa menghasilkan pendapatan dari pemanfaatan ruang sisa tersebut, "Panyaweran" sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti ruang sisa antara tembok rumah dengan ujung atap atau genteng rumah sebagai tempat turunnya air hujan, biasanya "Panyaweran" mempunyai lebar 1 sampai 2 meter dari tembok rumah.
dengan pemanfaatan ruang sisa tersebut di rumahnya aripin mencoba membudidayakan jamur tiram.

Menurut Aripin, "Pemanfaatan ruang sisa seperti di "Panyaweran" bisa dijadi tempat budidaya jamur tiram, dan mampu menampung kurang lebih 1500 baglog dengan hanya ditutup sebuah terpal maksudkan agar air hujan tidak dapat masuk dan tidak membasahi baglog baglog jamur tiram".

Budidaya Jamur di "Panyaweran"
"Alasan memilih budidaya jamur tiram karena tidak memerlukan ruang yang banyak dan juga waktu panen yang cenderung singkat, hasil panen perharinya bisa mencapai 5 sampai 7 kg bahkan diwaktu panen melimpah saya bisa memanen jamur tiram sampai 15 kg perharinya dan alhamdulilah bisa menghasilkan pendapatan yang cukup untuk sehari-hari" ucapnya.

Panen Jamur
Selain Aripin banyak juga warga desa Parung yang memanfaatkan ruang sisa nya seperti "Panyaweran" sebagai tempat kandang ternak ayam kampung atau ternak kelinci.

Pemanfaatan ruang sisa bisa lebih efektif dan menghasilkan dibanding hanya dibiarkan begitu saja, bahkan untuk lebih luasnya bisa memanfaatkan sisa lahan seperti memanfaatkan Pekarangan atau halaman disekitar rumah kita dengan menanam tanaman sayuran dan tanaman obat.

5 comments

  1. kalo tidak ada ruang yg lumayan sulit gan :3

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kelembaban bisa diatur gan.. bisa menyiram lantai agar suhu bisa stabil

      Delete
  3. Thanks atas informasinya.

    #Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete