Tuesday, October 4, 2016

Paguyuban bumi mandiri keluarkan beras bersertifikat organik

Sertifikasi organik Apa itu beras organik yang bersertifikat ?? blog sampulpertanian.com akan membahasnya sendikit. beras bersertifika... thumbnail 1 summary
Sertifikasi organik
Apa itu beras organik yang bersertifikat ?? blog sampulpertanian.com akan membahasnya sendikit. beras bersertifikat adalah beras yang telah melewati verifikasi oleh lembaga sertifikasi organik dari mulai cara penanaman, pengairan, pengendalian sampai kepada panen dan pasca panen. salah satu lembaga yang melayani sertifikasi organik adalah lembaga sertifikasi organik Inofice.

Untuk meyakinkan konsumen bahwa beras yang dihasilkan dari Paguyuban Bumi Mandiri adalah beras organik maka paguyuban melakukan sertifikasi berasnya melalui lembaga yang profesional dan independen salah satunya lembaga sertifikasi Inofice yang berhak mengeluarkan sertifikat Pertanian organik nasional.

Menurut kang Dedi selaku pengurus Paguyuban bumi mandiri, "sebelum mendapatkan sertifikat organik dari Inofice selaku lembaga sertifikasi organik, paguyuban Bumi mandiri harus melewati verifikasi yang sangat ketat dilapangan, di mulai dari perlakuan benih, pengolahan lahan, pengairan, pengendalian, pemupukan dan sampai kepada tahap penggilingan dihasil akhir, bahkan seperti sprayer dan karung untuk penyimpanan beras pun tidak luput diverifikasi oleh tim"

Kang Dedi menambahkan "keuntungan yang didapat setelah tersertifikasinya beras dari pertanian paguyuban bumi mandiri adalah paguyuban bisa mencantumkan logo organik pada kemasan beras organik yang dipasarkan dan tentunya telah diakui oleh skala nasional sesuai dengan Permentan No. 64  Tahun 2013".

Permentan No. 64 Tahun 2013 sendiri mengatur tentang budidaya pertanian organik, sarana produksi, sertifikasi, pelabelan dan hal-hal yang berkaitan tentang pertanian organik.

Download Permentan No. 64 Tahun 2013

No comments

Post a Comment