-->
Morfologi lidah buaya (Aloe vera)

Morfologi lidah buaya (Aloe vera)


Lidah buaya (Aloe vera) adalah jenis tumbuhan monokotil atau jenis tanaman yang berbunga dan mempunyai biji tunggal yang kaya akan manfaat dan khasiat terutama sering digunakan untuk perawatan kulit dan penyubur rambut.




Lidah buaya (Aloe vera)
Menurut artikel tumbuhan ini berasal dari daerah yang kering dibenua afrika.Tumbuhan lidah buaya dapat hidup dengan baik ditanah tropis seperti di Indonesia, lidah buaya mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

Akar tanaman lidah buaya

karena tergolong tumbuhan monokotil maka Lidah buaya mempunyai akar yang serabut yang panjangnya bisa mencapai 30-40cm tergantung pada perkembangan lidah buaya.

Batang tanaman lidah buaya

Batang dari lidah buaya sangat pendek bahkan jarang terlihan dikarenakan terhalang oleh kumpulan daun lidah buaya, panjang batang lidah buaya sekitar 3-4 cm . batang lidah buaya berserat dan berkayu juga dapat menghasilkan tunas baru pada batangnya.

Daun tanaman lidah buaya

lidah buaya mempunyai daun yang berdaging tebal, berbentul helaian dan memanjang, dipinggiran daun lidah buaya berbentuk bergerigi atau duri. Mempunyai warna hijau dan mempunyai lapisan lilin pada permukaan nya. Memiliki Kandungan air, getah dan lendir yang tinggi.

Bunga tanaman lidah buaya

Bunga lidah buaya menyerupai terompet atau tabung kecil dengan panjang rata rata sekitar 2-3cm, bunga lidah buaya mempunyai batang dengan panjang 50 sampai 100cm dan  warna dari lidah buaya berwarna kuning sampai orange.

Lidah buaya mempunyai klasifikasi sebagai berikut :

Kingdom dari Lidah BuayaLidah buaya tergolong makhluk hidup berjenis tumbuh-tumbuhan atau disebut Platae.

kelas dari Lidah Buaya : Lidah buaya termasuk dalam tumbuhan monokotil atau sering disebut berbiji tunggal, lidah buaya juga mempunyai bunga untuk menghasilkan biji.

Lidah buaya termasuk keluarga Xanthorrhoeaceae yakni jenis family berbunga dan termasuk dalam ordo Asparagales

Khasiat Lidah buaya selain digunakan secara langsung atau diusapkan, dapat juga dikonsumsi dan diolah menjadi makanan dikarenakan kandungan gizi lidah buaya yang cukup tinggi.



Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dari 100 g (gram) Lidah buaya (Aloe vera) mempunyai kandungan gizi sebagai berikut : Kandungan Energi  = 4 kkal, Kandungan Protein  = 0,1 gr, Kandungan Lemak  = 0,2 gr, Kandungan Karbohidrat  = 0,4 gr,  Kandungan Kalsium  = 85 mg, Kandungan Fosfor  = 186 mg,  Kandungan Zat Besi  = 0,8 mg, Kandungan Vitamin A  = 0 IU, Kandungan Vitamin B1  = 0,01 mg, dan Kandungan Vitamin C  = 0 mg, 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 comments

Maaf Kak, numpang promo. :D

USIA BELUM TUA TAPI RAMBUT SUDAH MEMUTIH?
ITU RAMBUT APA BIHUN?

Baca selengkapnya di http://rambut-mu.blogspot.co.id/2016/10/cara-menghitamkan-rambut.html

Balas

Thanks atas informasinya.

#Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

Balas

Thanks yaaa... ini buat ngerjain tugas sklh hehe...

Balas