Wednesday, October 5, 2016

Mengenal sayuran Oyong/emes

Oyong atau gambas atau orang sunda sering menyebutnya dengan emes adalah jenis tanaman sayuran yang merambat yang tumbuh didataran tropis... thumbnail 1 summary

Oyong atau gambas atau orang sunda sering menyebutnya dengan emes adalah jenis tanaman sayuran yang merambat yang tumbuh didataran tropis.



Oyong/emes


Sayuran yang mempunyai nama ilmiah Luffa acutangula ini mempunyai kaya serat dan vitamin yang tinggi, kandungan  seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline juga baik untuk kesehatan.

Mengkonsumsi sayuran oyong/emes ini banyak manfaatnya bagi tubuh kita seperti menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, sebagai antibiotik alami, sebagai kekebalan tubuh dan untuk wanita mengkonsumsi oyong dapat menghaluskan kulit.

Oyong bisa dikonsumsi secara di sayur ataupun di jus, bahkan Oyong juga seringkali diolah menjadi serbuk dan biasa ditambahkan sebagai campuran ke dalam berbagai produk perawatan kulit untuk mengurangi masalah pembengkakan dan untuk mendetoksifikasi pada kulit.

Untuk membudidayakan tanaman oyong/emes sangat cocok di daerah tropis khususnya di Indonesia, tanaman ini cenderung membutuhkan iklim yang kering namun cukup tersedia air disetiap musimnya. tanaman oyong dapat tumbuh baik di kadar pH tanah kisaran 5,5 sapai 6,8 sedangkan tanah yang ideal untuk ditanami oyong berjenis tanah liat berpasir seperti latoso, aluvial ataupun podsolik merah kuning.

No comments

Post a Comment