Saturday, October 15, 2016

Mengenal Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) Jamur tiram yang mempunyai nama ilmiah Pleurotus ostreatus adalah  jenis jamur  yang tidak beracun... thumbnail 1 summary
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)
Jamur tiram yang mempunyai nama ilmiah Pleurotus ostreatus adalah  jenis jamur  yang tidak beracun dan bisa diperbanyak atau dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, jenis jamur yang termasuk kedalam kelompok Basidiomycota atau tumbuhan berjenis fungi (cendawan) ini tergolong tumbuhan yang makroskopik (terlihat), tidak mempunyai zat hijau daun (klorofil) dan memproduksi spora pada bagian dibalik tudungnya yang disebut basidium.

Jamur tiram bisa juga disebut sebutan jamur kayu dikarenakan jamur ini biasa diperbanyak atau dibudidayakan di dalam media serbuk kayu, dialam bebas jamur ini tumbuh pada kayu yang sudah lapuk atau busuk.

Jamur tiram tidak memerlukan cahaya yang banyak untuk tumbuh sebaliknya jamur tiram dapat tumbuh baik dalam keadaan gelap dikarenakan dalam pertumbuhan miselliumnya tidak memerlukan rangsangan cahaya agar bisa tumbuh . Suhu yang baik untuk tumbuh jamur tiram antara 22 sampai 28 derajat celcius. Di alam jamur biasa tumbuh dihutan hujan.

Ciri yang membedakan jamur tiram dengan jamur lainnya adalah pada bagian tudungnya yang berbentuk seperti tiram, dengan permukaan tudung yang licin dan mempunyai diameter tudung sekitar 5-15 cm, bahkan bisa mencapai 20 cm tergantung pada lingkungan dan suhu sekitar. jamur tiram mempunyai batang yang lunak, warna dari jamur tiram umunya berwarna putih, numun ada juga jenis jamur tiram berwarna abu-abu dan coklat tua.

Secara garis besar jamur tiram dapat dibudidayakan dengan media serbuk gergaji, rumput-rumputan, klobot jagung, jerami, gabah padi, dan lain sebagainya, namun jamur tiram dapat tumbuh baik dengan menggunakan serbuk gergaji dikarenakan mengandung selulosa pentosan, lignin dan zat ekstraktif yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur tiram.

Bibit Jamur tiram F0
Komposisi campuran media tanam berupa serbuk gergaji 100kg, 15% dedak halus, kapur 1% dan di aduk rata, kemudian dikemas menjadi baglog. Kemasan baglog biasanya berukuran 18x35cm. setelah dikemas baglog di kukus bertujuan untuk mensterilkan dan membunuh cendawan yang tidak diinginkan. Baglog yang sudah dikukus kemudian didinginkan sebelum diisi bibit jamur F1 atau F2, cara memasukan bibit jamur dengan hati-hati dan steril agar baglog yang steril tadi tidak terkontaminasi cendawan lain.

Log Jamur tiram
Jamur dapat tumbuh sekitar 2-4 minggu tergantung pada suhu, lingkungan dan kualitas daya tumbuh dari bibit jamur tiram yang ditanamnya.

8 comments

  1. Kayaknya bisnis ini dapat menghasilkan sesuatu yang menjanjikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai sampingan dan usaha pokok juga cocok :D

      Delete
  2. dari dulu tertarik pada budidaya jamur, tapi kurangnya referensi untuk membudayakannya.

    mungkin jika tulisan ini disertakan video pasti lebih kerren :D

    ditunggu kunjungan balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lanjut bisa hubungi email aja, kita saling berbagi :D

      Delete
  3. Rasanya bisnis ini cocok untuk saya yang pengangguran. Maaf gan, untuk mendapatkan serbuk gergaji dan komposisi lainnya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepabrik pemotongan kayu gan.. disana pasti banyak.. media pake jerami juga bisa

      Delete
  4. Replies
    1. untuk artikel blog di ambil dari berbagai sumber.. tp untuk budidaya, sudah dan sedang dilakukan.. :D

      Delete