Friday, October 28, 2016

Memeram pisang secara alami dengan Daun Johar/Jarak Jakarta

Melihat pisang yang sudah lumayan pas untuk di panen dari pohonnya terkadang merasa sayang jika tidak diambil, banyak faktor seperti pisan... thumbnail 1 summary

Melihat pisang yang sudah lumayan pas untuk di panen dari pohonnya terkadang merasa sayang jika tidak diambil, banyak faktor seperti pisang akan hilang dicuri atau pisang akan rusak dimakan hewan seperti kelalawar.



Jika tetap dibiarkan dipohonnya, namun untuk diambil keadaan pisangnya masih belum matang. lantas bagaimana agar pisang kita aman dan tetap merasakan manisnya pisang matang secara alami.

Ada banyak cara menikmati pisang matang, ada dengan cara memeramnya dengan kimia yakni dengan menggunakan Ethrel, penggunaan Ethrel untuk memeram pisang bisa lebih cepat membuat pisang matang, warna pisang akan cepat menguning namun terkadang rasa pisang yang diperam dengan menggunakan etherel terasa masih asam. lantas bagaimana cara memeram agar rasa manis dari pisang bisa keluar.

Cara alami untuk memeram pisang salahsatunya dengan menggunakan daun Johar atau sering disebut dengan daun jarak Jakarta, menurut tradisi didaerah saya dengan memeram pisang dengan menggunakan daun johar tersebut bisa mengeluarkan kemanisan dari rasa pisang itu sendiri. adapun caranya sebagai berikut :


Langkah 1

Petik pisang yang sudah cukup untuk dipanen dari pohonnya, kemudian potong perbagian tiap pisang agar bisa di masukan kedalam kardus

Langkah 2

Siapkan kardus lalu pisang tadi masukan kedalam kardus tersebut, berserta daun johar atau daun jarak jakarta yang sebelumnya sudah disiapkan

Langkah 3

Tutup atasnya dengan rapih menggunakan kertas koran, lalu tunggu 3-4 hari pisang akan menguning dan siap untuk dinikmati.

Keunggulan memeram dengan menggunakan daun johar atau jarak jakarta yaitu menjadikan rasa dari manisnya pisang bisa keluar, aromanya tercium wangi, warna kuning nya merata dan yang terlebih penting terbebasnya pisang dari bahan kimia seperti Ethrel.

Demikian tips cara memeram dengan menggunakan daun Johar atau daun jarak Jakarta, semoga bermanfaat

No comments

Post a Comment