Wednesday, October 5, 2016

Membuat benih oyong/emes sendiri

Sebelum mencoba menanam sayuran oyong alangkah baiknya kita   mengenal sayuran oyong/emes  terlebih dahulu. sayuran oyong atau gambas at... thumbnail 1 summary

Sebelum mencoba menanam sayuran oyong alangkah baiknya kita mengenal sayuran oyong/emes terlebih dahulu. sayuran oyong atau gambas atau orang sunda sering menyebutnya dengan emes adalah jenis tanaman sayuran yang merambat yang tumbuh didataran tropis.



Membuat benih oyong/emes
Sayuran yang mempunyai nama ilmiah Luffa acutangula ini mempunyai kaya serat dan vitamin yang tinggi, kandungan  seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline juga baik untuk kesehatan. 

Penanaman oyong tidak lepas dari kebutuhan benih, harga benih oyong yang tinggi membuat sayuran oyong jarang untuk membudidayakannya, petani cenderung memilih menanam ladangnya dengan kacang panjang atau sayuran lainnya diwaktu musim palawija, untuk mengatasinya kenapa kita tidak mencoba membuat benih oyong sendiri..??

Cara membuat benih oyong cukup sederhana, pertama-tama kita menyiapkan bahan dan alat seperti : oyong yang sudah matang/tua, pisau dan wadah penyimpanan benih.

Adapun cara pembuatanya adalah, petik buah oyong yang sudah matang/tua dari pohonnya kemudian jemur dibawah sinar matahari buah oyong tersebut sampai berwarna coklat atau kering seperti gambar diatas. jika  sudah kering buah oyong akan lebih ringan saat dipegang. setelah dipastikan kering buah oyong di belah/kupas untuk memisahkan biji dan buah. biji yang berwarna hitam dibersihkan dari daging buah oyong yang masih menempel. setelah bersih jemur kembali biji oyong tersebut, untuk mempermudah penjemuran biji oyong disimpan diatas wadah seperti nampan plastik, setelah kering biji oyong dapat disimpan atau siap di tanam kembali. 

1 comment

  1. Oh ternyata sayur gambas ta, tak kira apa. Btw kalo untuk harganya apakah cukup baik di pasar mas?

    ReplyDelete