Saturday, October 15, 2016

Kandungan gizi dan manfaat Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)

Setelah mengenal jamur tiram (Pleurotus ostreatus) lebih jauh, belum lengkap rasanya jika tidak tahu manfaatnya dari jamur tiram itu sendi... thumbnail 1 summary
Setelah mengenal jamur tiram (Pleurotus ostreatus) lebih jauh, belum lengkap rasanya jika tidak tahu manfaatnya dari jamur tiram itu sendiri, banyaknya manfaat dari jamur tiram selain untuk disebagai bahan baku makanan, kandungan gizi yang ada didalam jamur tiram pun lumayan cukup banyak.
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)
Tanaman yang tumbuh baik di daerah bersuhu lembab ini mempunyai tekstur yang lunak, pada batangnya dan kandungan air yang tinggi, Selain itu kandungan didalam jamur tiram juga mengadung  protein, karbohidrat, kalori, serat dan zat besi yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Kandungan seperti kalsium, vitamin B1, B2 dan vitamin C pun ada dalam jamur tiram ini.
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sunanta Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulalongkorn di Thailand. Jamur tiram adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Selain kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 10,5% sampai 30,4% jamur tiram juga mengandung fospor.

Dari komposisi 100gram jamur tiram dapat mengandung serat 7,4 sampai 26,4% dari bobot jamur, sehingga dengan kandungan serat yang tinggi, jamur tiram sangat cocok untuk pencernaan dan cocok untuk anda yang lagi dalam program diet.

selain kandungan protein, karbohidrat serat, zat besi dll. Menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, Jamur tiram juga mengandung 9 jenis asam amino seperti metionin, lisin, tritofan, valin threonin, isoleusin, histidin dan fenilalanin. Asam amino sendiri bermanfaat untuk membantu dalam pembentukan protein sebagai bahan dasar untuk pembentuk sel, otot, serta sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Dikarenakan banyaknya kandungan didalam jamur tiram sehingga jamur tiram sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain manfaat untuk pelaku diet karena jamur tiram baik untuk pencernaan,  juga di percaya untuk menurunkan kolesterol, diabetes, anemia dan sebagai antibakteria sehingga bisa membunuh nematode. Dalam penelitian di Jepang jamur tiram juga  bisa sebagai makanan yang mencegah terjadinya tumor.


Pepes Jamur
Selain berguna untuk tubuh kita, jamur tiram bisa dijadikan berbagai panganan yang menggugah hasrat makan kita. karena banyaknya olahan makanan yang berbahan baku jamur tiram, sehingga konsumsi jamur tiram bisa sesuai dengan selera. Untuk masakan sederhana jamur tiram bisa di tumis, jamur krispi, bakwan jamur dan bisa juga dibuat pepes jamur


7 comments

  1. saya juga makan ini jamur. kadang di bikin jamur tepung :P

    ReplyDelete
  2. wah kebetulan gan, jamur itu makanan favorit saya..mantap2..

    ReplyDelete
  3. nice one, ini kalau lagi di kampung banyak banget, jarang yang metik padahal kasiatnya mantap juga

    ReplyDelete
  4. Saya lebih suka jamurnya yg dijadiin crispi, buat ngemil.

    ReplyDelete
  5. Thanks atas informasinya.

    #Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete