Monday, October 3, 2016

Cara sederhana tanam kurma dari biji

Buah yang di identik dengan buah tanah arab ini biasanya ramai di saat bulan ramadhan, rasa nya yang manis sering dijadikannya untuk pemb... thumbnail 1 summary

Buah yang di identik dengan buah tanah arab ini biasanya ramai di saat bulan ramadhan, rasa nya yang manis sering dijadikannya untuk pembuka di saat buka puasa atau sering disebut tajil.



Buah kurma atau dalam bahasa ilmiah disebut Phoenix dactylifera dapat tumbuh baik di padang gurun namun ada beberapa jenis pohon kurma yang dapat tumbuh di daerah beriklim sedang atau beriklim tropis, pertumbuhan kurma di iklim tropis termasuk di Indonesia memang tidak sebagus kurma yang di tanam di daerah asalnya.

Tanam kurma dari biji

jarangnya yang menanam pohon kurma menjadikan bibit tanaman kurma sulit di temui dipasaran, jika adapun harga nya lumayan lebih tinggi dibanding jenis bibit tanaman lainnya. untuk lantas apakah kita bisa melakukan pembibitan pohon kurma dengan sendiri? tentu saja bisa, cara pembibitan sederhana untuk mengembangkan pohon kurma yaitu dengan cara pembibitan melalui biji.

Kali ini blog sampulpertanian.com mencoba membagi cara penanaman pohon kurma dari biji. secara sederhana. sebelum membahas cara pembibitan pohon kurma dari biji terlebih dahulu kita siapkan bahan-bahannya yaiu :

1. Siapkan biji kurma

Biji buah kurma kita siapkan terlebihdahulu kemudia biji di cuci hingga bersih dari sisa-sisa daging buah kurma yang masih menempel pada biji buah kurma.

2. ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh

Zat pengatur tumbuh atau ZPT sangat diperlukan dalam pembibitan tanaman kurma, dikarenakan untuk merangsang tumbuhnya akar pada biji agar lebih cepat.

3. sediakan Air bersih

air berguna untuk menyiram biji yang akan dikecambahkan, usahakan penggunaan air tidak menggunakan air PDAM atau air yang menggunakan kaporit



4. Kapas/tisu

kapas atau tisu berguna untuk media penyimpanan biji yang akan di semai atau dikecambahkan.

5. Media tanam


Media tanam diperlukan ketika benih sudah mulai berkecambah atau sudah siap ditanam, namun penanaman bisa juga dilakukan secara langsung ditanam di tanah yang sebelumnya diberikan pupuk dasar.

Cara penyemaian biji kurma


1. Rendam biji kurma kedalam larutan air yang sebelumnya diberi ZPT selama 2x24jam, perendaman dilakukan agar membersihkan sisa daging buah kurma yang masih menempel pada biji yang mengakibkatkan terhambatkanya pertumbuhan kecambah pada biji pohon kurma.


2. siapkan tempat untuk berkecambah biji kurma dari kapas/tisu yang di basahi, langkah ini merupakan persiapan media untuk perkecambahan biji tanaman kurma. sebelum dilakukan penanaman.


3. susun biji kurma diatas kapas/tisu tadi, lakukan penyemprotan air jika terjadi kekeringan pada kapas, hal ini berfungsi agar menjaga kelembaban pada media penyemaian dan merangsang pertumbuhan akar pada biji

4. Biasanya setelah 3-4 minggu kecambah dari biji kurma keluar, namun untuk beberapa jenis kurma ada yang membutuhkan tumbuh kecambah lebih lama.


5. setelah merasa cukup untuk ditanam, lakukan penanaman dimedia tanam atau bisa juga ditanam secara langsung di tanah yang sebelumnya diberikan pupuk dasar terlebih dahulu.
Pohon kurma saat ditanam

Perawatan pohon kurma cukup dengan dilakukan penyiraman dan pembersihan dari gulma secara rutin, agar tanaman phon kurma bisa tumbuh lebih baik lakukan pemupukan secara berkala.


1 comment