-->
Cara pembuatan pupuk organik

Cara pembuatan pupuk organik


Seringnya penggunaan pupuk kimia mengakibatkan dampak yang negatif yakni terjadinya peningkatan residu yang tertinggal didalam tanah sehingga tingkat keasaman pada tanah terus meningkat dan berpengaruh terhadap penurunan tingkat produksi, salah satu cara untuk mengurangi keasaman tanah dengan pemberian pupuk organik.


Pembuatan pupuk organik
Pupuk organik selain bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada tanah dan lebih ekonomis untuk petani, pupuk organik juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan, menjaga kelembaban tanah, meningkatkan kualitas tanah jika digunakan berkelanjutan serta menyediakan unsurhara dan mikroorganisme yang dibutuhkan bagi tanaman. terus... bagaimana cara membuatnya..??

Cara pembuatan pupuk organik terbilang sederhana, bahan yang digunakan pun mudah didapat. sebelum membahas cara pembuatannya, terlebih dahulu kita siapkan bahan dan alat nya..

Bahan-bahan :
1. pupuk kandang                60kg
2. Sekam                             30 kg
3. Dedak Halus                    10kg
4. Gula pasir                        10 sendok makan
5. EM-4                               200ml (20 sendok makan)
6. Air bersih secukupnya    ±20 liter

Alat yang diperlukan :

1. Sekop/cangkul
2. Ember
3. Sendok makan
4. Karung goni/terpal

Cara pembuatannya : 

1. Larutkan EM-4 dan gula pasir kedalam ember kemudian diaduk
2. pupuk kandang dan sekam dicampur dan diaduk, setelah merata tambahkan dedak halus dan aduk hingga rata
3. siramkan larutan EM-4 merata secara perlahan-lahan kedalam campuran bahan tersebut diatas dengan cara dicipratkan merata sambil bahan diaduk sampai kadungan air dalam adonan 30%, bila adonan dikepal tangan air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas campuran akan megar
4. adonan digundukan diatas lantai yang kering dengan ketinggian 15-20 cm kemudian ditutup dengan karung goni selama 4-7 hari.
5. pertahankan suhu adonan setlah digundukan pada suhu 40-50 celcius, apabila suhu melebihi maka karung dibuka dan adonan di balik kemudian tutup kembali dengan karung penutup. pengecekan suhu dilakukan setiap 5jam sekali
6. setelah 4-7 hari pupuk organik telah selesai terfermentasi dan siap digunakan dilahan pertanian
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments