Monday, October 3, 2016

Cara menanam pohon saga

Tidak banyaknya yang membudidayakan pohon saga dikarenakan nilai ekonomisnya cenderung tidak ada, oleh sebab itu kita sangat jarang menem... thumbnail 1 summary

Tidak banyaknya yang membudidayakan pohon saga dikarenakan nilai ekonomisnya cenderung tidak ada, oleh sebab itu kita sangat jarang menemui pohon saga disekitar rumah kita, padahal manfaat dan khasiat dari pohon saga sangat banyak salah satunya untuk mengobati bau mulut dan obat sariawan.


Biji dan daun saga
untuk mengurangi obat kimia lebih baik kita cari pohon saga saja untuk obat herbal.. tapi daripada kita mencari kenapa tidak mencoba menanam sendiri pohon saga dipekarang rumah kita, Cara menanam dan membudidayakan pohon saga terbilang sangat mudah. tanaman jenis perdu/semak ini berbatang keras dan menjalar. Tanaman saga dapat dibudidayakan bisa dengan biji atau dengan stek.

1. Menanam pohon saga dari biji

Langkah pertama untuk menanam pohon saga dari biji adalah siapkan bijipohon saga, kemudian rendam dengan air agar biji saga lunak selama 10-15 menit. Cara ini akan membuat biji saga berkecambah lebih baik. Biji saga dapat ditanam secara langsung di tanah atau disemaikan terlebih dahulu di polibek, bisa juga di taruh di kapas basah agar mempermudah untuk melihat daya kecambahnya. tunggu sampai kecambah keluar daun kemudian bisa dipindahkan ke tanah, Untuk penanaman awal, tempakan pohon saga di bawah pepohonan yang rindang. Karena tanaman saga yang masih baru akan tumbuh dengan subur jika tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Perlakuan biji saga
2. Menanam pohon saga dengan stek

Menanam dengan cara stek juga tidak terlalu sulit, langkah pertama yang harus disiapkan yaitu menyiapkan batang kayu pohon saga kemudian potong dengan ukuran 20 - 30cm kemudian cukup ditancapkan kedalam media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya, disarankan batang kayu pohon saga tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda juga. 


Tanaman saga sudah ditanam
Untuk perawatan pohon saga cukup lakukan rutin penyiraman dan  pembersihan dari gulma. agar tumbuh lebih baik lakukan pemupukan dan pemangkasan tangkai.

No comments

Post a Comment