Friday, September 16, 2016

Skema proses pembuatan Biogas dari kotoran ternak

Seiring kebutuhan gas yang meningkat menyebabkan melambungnya harga gas dipasaran, oleh karena itu perlu adanya sumber energi baru, sala... thumbnail 1 summary

Seiring kebutuhan gas yang meningkat menyebabkan melambungnya harga gas dipasaran, oleh karena itu perlu adanya sumber energi baru, salah satunya dengan cara pembuatan biogas.



lalu.. apa itu biogas? biogas merupakan fermentasi dari kotoran hewan yang menghasilkan gas metana, yang bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk kebutuhan bahan bakar gas dalam keperluan rumah tangga.
Skema biogas
Biogas sangat diperlukan dikarenakan dengan penggunaan biogas, para pentani bisa menghemat pengeluaran untuk biaya pembelian gas di rumahnya dan petani juga mendapatkan pupuk organik yang siap digunakan secara langsung dikarenakan kotoran ternak sudah difermentasikan terlebih dahulu di dalam tabung penampungan.

menurut para ahli, biogas yang dibuat dengan kotoran ternak bisa dibuat secara sederhana dan murah meriah namun bisa bertahan bertahun-tahun utuk digunakan, selain biogas bisa dibuat secara sederhana dan murah meriah, biogas juga dipercaya lebih aman, karena gas dalam fermentasi kotoran cukup aman dan ramah lingkungan serta keuntungan menggunakan biogas petani bisa mendapat pupuk organik yang berguna untuk tanaman budidaya mereka.

Perinsip kerja biogas adalah, ketika masuknya kotoran ternak sapi ketabung penampungan kemudian difermentasikan untuk menghasilkan gas metana. gas metana tersebut di tampung di penampungan gas dan kemudian di alirkan secara diatur ke kompor dan siap digunakan.

No comments

Post a Comment