Tuesday, September 20, 2016

Skema Bak Penampungan kotoran ternak untuk Biogas

Biogas merupakan sumber energi alternatif untuk bahan bakar rumah tangga, pembuatan biogas dikalangan peternak sangat di sarankan, dikaren... thumbnail 1 summary

Biogas merupakan sumber energi alternatif untuk bahan bakar rumah tangga, pembuatan biogas dikalangan peternak sangat di sarankan, dikarenakan dengan pembuatan biogas peternak bisa menghemat untuk pengeluaran bahan bakar gas untuk kebutuhan rumah tangga.


Selain itu dengan biogas dapat memproses kotoran ternak menjadi pupuk organik yang siap di aplikasikan untuk tanaman budidaya.

Dalam pembuatan biogas bisa dilakukan oleh para peternak di pekarangan rumah karena biogas selama ini tida berbahaya. keunggulan biogas yakni bisa menghemat pengeluaran bahan bakar gas, aman karena tekanan gas tidak membahayakan dan ramah lingkungan.
Bak Biogas
Pembuatan biogas perlu diperhatikan tentang bak penampungan kotoran ternak nya, pembuatan bak penampungan bisa terbuat semen atau dengan cara dibuat lubang pada tanah. kali ini blog sampul pertanian akan membahas cara pembuatan bak penampungan biogas dengan menggunaka bangunan semen.

Dalam pembuatan biogas bak penampungan kotoran sangat diperlukan dikarena bak penampungan berguna sebagai tempat Fermentasinya kotoran ternak untuk diolah menjadi gas dan akan disalurkan melalui pipa ke penampungan gas kemudian gas bisa dipakai untuk kebutuhan, gas yang dihasilkan dari fermentasi kotoran ternak disebut dengan biogas.
Sebelum melangkah lebih jauh, tentang pembuatan biogas sebaiknya kita siapkan alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat bak penampungan.nya terlebih dahulu. karena faktor ini sangat penting bagi pebuatan biogas.

Baca juga : Skema proses pembuatan Biogas dari kotoran ternak
Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan bak penampungan kotoran ternak adalah sebagai berikut :
1. Semen, pasir, dan bata untuk membuat bak dengan ukuran 3x1 meter
2. Pipa paralon uk. 3 inc
3. Siku pipa paralon uk. 3 inc
4. Asbes untuk menutupi bak

Bahan-bahan diatas belum semuanya lengkap, namun bahan diatas merupakan bahan yang sangat penting yang perlu ada dalam pembuatan bak penampungan biogas untuk kotoran ternak. selanjutnya setelah bahan telah tersedia kita menyiapkan alat yang akan digunakan dalam pembuatan bak penampungan. adapun alat-alat yang akan digunakan adalah sebagai berikut.

1. Cangkul
2. Gergaji

Sama halnya dangan bahan-bahan, alat yang digunakan pun masih banyak yang dibutuhkan, namun alat diatas merupakan alat yang harus ada dalam pembuatan bak penampungan kotoran untuk fermentasi kotoran dalam biogas.






No comments

Post a Comment