Tuesday, September 27, 2016

Persiapan kolam pendederan ikan nila

Sebelum membahas persiapan budidaya pendederan ikan sebaiknya kita mengingatkan apa itu pendederan..?? pendederan merupakan kegiatan bud... thumbnail 1 summary

Sebelum membahas persiapan budidaya pendederan ikan sebaiknya kita mengingatkan apa itu pendederan..?? pendederan merupakan kegiatan budidaya pemeliharaan benih ikan untuk mencapai panen ukuran tertentu. 

Pendederan ikan nila
Untuk mendapatkan benih ikan yang baik dan berkualitas sangat diperlukan kolam pendederan yang baik juga, ada beberapa persyaratan kolam untuk menghasilkan benih ikan nila yang baik diantaranya 
- pH tanahnya 6-8
- struktur tanah gembur
- tekstur tanah liat berpasir
- kondisi tanah subur sehingga memungkinkan pakan alami bisa hidup dengan subur.

Dalam persiapan kolam budidaya pendederan ada beberapa kegiatan yang harus dlakukan diataranya:

- PENGERINGAN DASAR KOLAM

Pengeringan kolam
Pengeringan dasar kolam dilakukan sampai kondisi dasar kolam retak-retak, dengan waktu 3-7 hari, tergantung pada kondisi cuaca. Setelah kondisi dasar kolam tidak terlalu becek, perbaikan pematang bisa dimulai. Jika terdapat lubang, sebaiknya lubang tersebut digali dan dipadatkan kembali, kemudian lakukan kedukteplok sampai pematang rapih.

Pengeringan dasar kolam bertujuan untuk Menghilangkan gas beracun, Memperbaiki aerasi udara di dalam tanah, Mematikan/memotong siklus hidup hama, parasit dan penyakit ikan dan Merangsang pertumbuhan pakan alami

- PERBAIKAN PEMATANG

Bertujaun untuk memperbaiki bila mana ada kebocoran dan memperkokoh batas pinggiran kolam agar tidak terjadi kikisan pematang yang mangakibatkan longsornya pematang, langkah ini dilakukan diseluruh keliling kolam dangan harapan mencegah kebocoran.
Perbaikan pematang kolam

- SARINGAN INLET DAN OUTLET

Tujuannya agar ikan di pelihara tidak keluar dari kolam budidaya.dan ikan liar tidak dapat masuk ke kolam budidaya tersebut. langkah ini sangat penting dilakukan dikarenakan dengan pemasangan saringan Inlet dan outlet mencegah hama dari ikan lele tidak dapat masuk ke dalam kolam budidaya, hama ikan lele bisa berupa ikan gabus dan ikan sapu.

- MENGOLAH DASAR KOLAM
Pengolahan lahan
Dasar kolam sebaiknya dibajak, dibuat lumpur dan diratakan agar tetap menjaga keadaan dasar kolam tetap gembur. tujuan dalam mengolah dasar kolam budidaya agar sirkulasi oksigen dalam tanah bisa merata dan unsur hara dalam tanah bisa dimanfaatkan secara optimal dikarenakan tanah menjadi gembur dan subur. langkah ini dilakukan sebelum langkah pemupukan dilakukan.

- PEMUPUKAN DAN PENGAPURAN

Pada dasarnya setiap pemupukan sangat penting dalam budidaya tak terkecuali budidaya pendederan, pemupukan sendiri bertujuan untuk
- Menyediakan unsur hara bagi plankton yang akan menjadi makanan ikan
- Menyediakan tempat tumbuhnya pakan alami
- Menaikan pH tanah
- Membunuh bibit penyakit

Pemupukan dan pengapuran bisa dilakukan bersamaan, dosis pupuk kandang 500 gr/m2 sedangkan dosis pengapuran 50 gr/m2
Pengapuran kolam

- MENGAIRI KOLAM

Pengairan kolam
Masukan air secara bertahap agar menjaga kondisi dasar kolam tetap gembur dan subur juga mencegah kolam menjadi keruh saat pengisian air, tunggu sampai beberapa hari sampai air dalam kolam bisa stabil jernih dan tidak keruh. setalah langkah ini, kolam siap di tebar benih nila untuk pendederan.



No comments

Post a Comment