Wednesday, September 28, 2016

Pengendalian hama Kungkang (walang sangit) tanpa pestisida

 Hama kungkang (walang sangit) Seiring mewujudkan beras yang sehat untuk dikonsumsi dengan tidak diberikannya pestisida kimia untuk pe... thumbnail 1 summary
 Hama kungkang (walang sangit)
Seiring mewujudkan beras yang sehat untuk dikonsumsi dengan tidak diberikannya pestisida kimia untuk pengendalian hama, kini ada metode atau cara pengendalian hama kungkang (walang sangit) tanpa pestisida. lantas bagaimana cara pengendalian kungkang tanpa menggunakan pestisida..?? yuk.. kita cari tahu...

kungkang (walang sangit) atau dalam bahasa ilmiah disebut Leptocoriza oratorius menyerang tanaman padi pada masa berbuah atau pada fase generatif dengan cara menghisap cairan tangkai bunga dan bulir padi dalam masa pengisian bulir atau masak susu, sehingga dapat mengakibatkan bulir padi menjadi hampa. tanaman padi yang diserang hama kungkang  dapat menyebabkan kehilangan hasil yang cukup besar.

umumnya hama kungkang banyak beraktivitas menyerang pada tanaman padi di pagi hari sekitar pukul 05.00- 09.00 pagi dan disore hari pada pukul 15.00 sampai 19.00 namun hama kungkang juga bisa beraktivitas menyerang tanaman padi selama waktu 24 jam. 

dengan waktu aktivitas penyerangan pada waktu kapan saja, perlu diadakannya pengendalian. pengendalian yang dilakukan bisa dengan cara pestisida. lantas bagaimana cara pengendalian tanpa menggunakan pestisida..??

pada dasarnya kungkang sangat tertarik pada bau yang ditimbulkan dari bangkai. maka dengan itu pengendalian bisa dilakukan dengan menaruh bangkai keong mas/bekicot di tiap pematang sawah. dengan cara. pertama siapkan kan keong mas/bekicot dan batang bambu sepanjang 1meter.

cara nya keong mas/bekicot cukup di tumbuk dari cangkangnya kemudian taruh di atas bantang bambu yang sebelumnya di tancapkan ditiap pematang, biarkan bangkai keong membusuk maka hama kungkang akan berkumpul di tiap bangkai keong yang ditancapkan tadi. dengan itu kungkang tidak beraktifitas di tanaman padi melainkan di bangkai keong tadi sehingga tanaman padi terbebas dari serangan hama kungkang. 


=== SELAMAT MENCOBA ===


No comments

Post a Comment