Thursday, September 29, 2016

Mengenal hama kungkang (walang sangit)

Hama kungkang (walang sangit) Kungkang (walang sangit) atau dalam bahasa ilmiah disebut  Leptocoriza oratorius  termasuk kedalam ordo ... thumbnail 1 summary
Hama kungkang (walang sangit)
Kungkang (walang sangit) atau dalam bahasa ilmiah disebut Leptocoriza oratorius termasuk kedalam ordo hemiptera dengan famili alydidae, kungkang dimasukan dalam kategori serangga hama dikarenakan kungkang sering menyerang tanaman budidaya. 

kungkang biasanya sering dijumpai pada tanaman padi, kungkang menyerang tanaman padi pada masa berbuah atau pada fase generatif dengan cara menghisap cairan tangkai bunga dan bulir padi dalam masa pengisian bulir atau masak susu, sehingga dapat mengakibatkan bulir padi menjadi hampa. tanaman padi yang diserang hama kungkang  dapat menyebabkan kehilangan hasil yang cukup besar.

umumnya hama kungkang banyak beraktivitas menyerang pada tanaman padi di pagi hari sekitar pukul 05.00- 09.00 pagi dan disore hari pada pukul 15.00 sampai 19.00 namun hama kungkang juga bisa beraktivitas menyerang tanaman padi selama waktu 24 jam. 

selain mempunyai baunya yang khas, kungkang (walangsangit) mempunyai warna tubuh hijau kecoklatan, dengan rata-rata panjang tubuh sekitar 1-2cm dan mempunyai kepala yang kerucut dilengkapi dengan mulut, mata dan antena, kungkang juga mempunyai 3 pasang kaki yang panjang untuk mempermudah meloncat dan untuk terbang mempunyai kungkang mempunyai sayap.

kungkang atau walangsangit mengalami metamorfosis dimuai dari telur, kemudian ke nimfa dilanjut ke imago dan seterusnya menjadi kungkang dewasa. kungkang mempunyai telur 10-20 butir setiap bertelur bisanya telur disimpan dibagian daun tanaman.

Pengendalian hama kungkang (walangsngit) dengan cara penyemprotan insectisida yang mengandung bahan aktif fipronil,  propoksur, metolkarb, MIPC dan BPMC.



No comments

Post a Comment