Thursday, September 22, 2016

Memilih indukan ikan lele berkualitas

Lele bisa dijadikan sebagai budidaya perikanan yang sering kita lihat sama seperti budidaya ikan Nila dan ikan mas,  dengan mudahnya dala... thumbnail 1 summary

Lele bisa dijadikan sebagai budidaya perikanan yang sering kita lihat sama seperti budidaya ikan Nila dan ikan mas,  dengan mudahnya dalam teknik pembudidayaan dan Tidak membutuhkannya ukuran kolam yang besar cukup dengan menggunakan kolam terpalpun bisa.




Indukan ikan lele
Selain itu lele juga merupakan ikan yang dikonsumsi banyak masyarakat. dengan kebutuhan yang banyak mendorong banyak orang membudidayakan ikan yang satu ini.

Dalam mempersiapkan pembudidayaan ikan lele sebaiknya sahabat blog sampulpertanian.com memilih bidang mana yang ingin difokuskan seperti pembenihan, pendederan  atau pembesaran, namun tidak menutup kemungkinan untuk menekuni ke tiga bidang sekaligus. dalam hal pembenihan sahabat blog sampulpertanian.com perlu mengetahui dan memilih indukan ikan lele yang berkualitas dikarenakan sangat mempengaruhi usaha dalam bidang pembenihan ikan lele.

Indukan jantan
Dalam memilih indukan ikan lele yang berkualitas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih indukan ikan lele adalah sebagai berikut :


INDUKAN IKAN LELE


indukan ikan lele yang baik sebaiknya sudah berumur minimal 7-8 bulan untuk pejantan dan 12 bulan untuk betina, mempunyai bobot indukan sekitar 500-2000 gram dengan ciri mempunyai badan tidak cacat, sehat, tidak stres dan aktif.


CIRI INDUKAN SIAP DIPIJAHKAN


jika indukan lele mulai saling mengejar dan gelisah segera pisahkan indukan lele pejantan dan betina dalam kolam pemijahan dengan sebelumnya diisi air yang bersih, biasanya waktu pemijahan dilakukan pada malam hari, dan selesai pada pagi hari.


PERAWATAN INDUKAN


Dalam perwatan indukan ikan lele ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
- Pemberian protein pada pakan indukan seperti pelet, bekicot atau cacing sutra
- Jika indukan terdapat gejala sakit, segera pisahkan dan diobati untuk menghindari penyebaran penyakit
- Mengatur sirkulasi air secara berkala untuk menghindari penyakti/virus dari sisa pakan di dalam air


=== SEMOGA BERMANFAAT ===

No comments

Post a Comment