Saturday, September 24, 2016

Membuat Arang Sekam sederhana

Arang sekam adalah arang yang dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari sekam padi atau kulit padi sebelum menjadi abu sekam, ... thumbnail 1 summary

Arang sekam adalah arang yang dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari sekam padi atau kulit padi sebelum menjadi abu sekam, arang sekam yang baik yaitu berwarna hitam pekat.



Kegunaan arang sekam sangat bermanfaat dalam pertanian, selain sebagai campuran media tanam dalam polybag, arang sekam juga digunakan sebagai campuran pembuatan pupuk organik dan berguna untuk menggemburkan tanah.


Pembuatan arang sekam sangat sederhana hanya memerlukan teknik khusus dalam pembakarannya, cara pembuatan arang sekam tergolong murah meriah dan sederhana. sebelum membahas cara pembuatan arang sekam, sebaiknya kita membahas cara membuat alat nya terlebih dahulu, bahan yang perlu di sediakan untuk pembuatan alat pembakar arang sekam adalah sebgai berikut :

1. Plat besi 
2. kaki-kaki penyangga

Cara pembuatan alat : 
plat besi di buat slinder dengan tinggi 2 meter, kemudian dilubangi dibagian bawahnya, lubangi platt slider tadi sebanyak mungkin karena lubang berfungsi sebagai celah pembakaran sekam, kemudian pasang kaki-kaki sebagai penyangga alat tetap berdiri, pemasangan kaki-kaki dengan di las. sesudah di pasang kaki-kaki alat pembakaran arang sekam siap dipakai.



Sekarang kita membahas cara membuat arang sekamnya, terlebih dahulu siapkan
- alat pembakaran sekam
- sekam padi
- sabut/kertas sebagai pemancing api
- air untuk mendinginkan sekam

CARA PEMBUATAN ARANG SEKAM :
1. Pancing api awal dengan membakar sabut/kertas

Tahap membuat arang sekam
langkah ini bertujuan untuk memancing api agar lebih besar, sehingga bisa membantu membakar sekam menjadi arang yang sempuna. membuat api sangat sederhana yakni hanya membakar kertas atau benda kerang lainnya yang bisa memancing api bisa merambat dan membesar. kemudian tambahkan sedikit kayu kering ke dalam tabung agar api tahan lama.

2. Jika api sudah siap, taburkan sekam dengan cara mengelilingi alat

Proses membuat arang sekam
tabur sekam kering disekeliling alat pembakaran,  penaburan dilakukan dengan merata dan diusahakan jangan melebar terlalu jauh. penaburan sekam dengan cara menggunung agar sekam sempurna menjadi arang bukan menjadi abu. kegagalan pembuatan arang sekam sering terjadi di proses pembakaran sekam sehingga sekam menjadi abu bukan menjadi arang yang diharapkan. Periksa sesekali keadaan sekam, jika telah berwarna hitam berarti pembakaran sekam telah benar. lama pembakaran tergantung jumlah sekam yang akan dijadikan arang, semakin banyak jumlah sekam maka pembakaran semakin lama. biasanya untuk pembuatan arang sekam dengan jumlah sekam 6-8 karung membutuhkan waktu kurang lebih 12 Jam.

Tahap membuat arang sekam
3. Setelah sekam telah berwarna hitam atau sudah berbentuk arang, siram arang sekam tersebut dengan air untuk mematikan bara api yang membakar sekam sekaligus mencegah sekam menjadi abu. setelah dingin arang sekam siap dikemas dan dipaki sesuai kebutuhan.

manfaat arang sekam sendiri membantu kesuburan dalam tanah dan membantu gembur agar tanah tidak padat, selain itu banyak kandungan yang terdapat dalam arang sekam yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.



No comments

Post a Comment