Thursday, September 22, 2016

Antisipasi wabah tungro (tutung dijero)

Waspada tungro Tungro merupakan virus yang ditular oleh wereng hijau, Penularan virus tungro sendiri dapat menular apabila wereng h... thumbnail 1 summary
Waspada tungro

Tungro merupakan virus yang ditular oleh wereng hijau, Penularan virus tungro sendiri dapat menular apabila wereng hijau sebagai vektor terkena virus setelah wereng mengisap tanaman yang terinfeksi virus kemudian berpindah dan mengisap tanaman lain yang sehat.


Tanaman padi yang terkena virus tungro umunya mengalami perubahan pada daun yang menjadi kuning dan terdapat karat pada daun, yang diawali dari ujung daun dan merambat ke bawah daun, mengakibatkan jumlah anakan yang berkurang dan lebih parah tanaman mengalami kerdil rumput. jika tanaman sudah terkena kerdil rumput tanaman tidak akan berkembang dan berproduksi.

Yang perlu dilakukan untuk antisipasi wabah tungro agar tidak menyebar adalah :
- Disaat pengolahan tanah lakukan pembersihan sisa tanaman yang terkena tungro pada petak 
- Bakar atau musnahkan tanaman yang terkena virus tungro
- Lakukan persemaian minimal 5-7 hari setelah pengolahan
- Lakukan pengamatan dan pengendalian terhadap wereng hijau
- Dilakukan pergiliran vrietas
- Penggunaan bibit, hindari bibit yang berasal dari daerah tungro
- Jika tanaman ada yang telah terkena tungro, cabut jauhkan dari petakan lakukan pemusnahan dengan dibakar, jangan dibuang di aliran sungai yang mengalir ke petakan

Dengan melakukan antisipasi, diharapkan tanaman padi bisa terhindar dari wabah tungro yang mengakibatkan puso pada tanaman padi.


=== SELAMAT MENCOBA ===


No comments

Post a Comment