Wednesday, May 22, 2013

Mengenal Metode Jajar Legowo

Banyak upaya dalam pencapaian target program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) adapun beberapa aplikasi metode tanam untuk para pe... thumbnail 1 summary

Banyak upaya dalam pencapaian target program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) adapun beberapa aplikasi metode tanam untuk para petani yang sangat direkomendasi. Salah satunya yaitu aplikasi yang direkomendasi adalah penerapan sistem tanam yang benar dan baik melalui pengaturan jarak tanam yang sering dikenal dengan sistem tanam jajar legowo.

Mengenal Metode Jajar Legowo
Usaha dalam budidaya tanaman ada bebarapa hal yang menjadi tantangan salah satunya yaitu upaya ataupun cara untuk mendapatkan hasil produksi tanaman yang tinggi. untuk meningkatkan produksi tanaman padi salah satunya menggunakan metode tanam jajar legowo. namun dalam usaha peningkatan tersebut belum semua petani yang mengikuti metode jajar legowo dan masih menggunakan cara atau metode jarak tanam biasa.

Legowo sendiri diambil dari bahasa jawa yang secara harfiah tersusun dari kata legodan dowo yang berarti Lega dan panjang. orang pertama yang mengenalkan metode jajar legowo adalah bpk. Legowo beliau sendiri adalah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Negara di Provinsi Jawa Tengah. 

Legowo merupakan upaya memanipulasi letak tanaman padi sehingga tanaman padi seolah dalam posisi pinggir dengan cara diberikan barisan kosong. kitapun mengetahui bahwa tanaman padi yang diposisi pinggir memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dibanding tanaman padi yang berada di barisan tengah sehingga dapat menghasilkan produksi gabah yang lebih meningkat. 

Manfaat dari metode jajar legowo adapun sebagai berikut : 

1. Menambah jumlah populasi tanaman padi sekitar 30 % 
2. Kemungkinan serangan hama dan penyakit terutama hama tikus bisa dikurangi. lahan dengan relatif terbuka tikus kurang suka tinggal, kelembaban juga akan berkurang sehingga penyakit bisa ditekan. 
3.Adanya baris kosong akan mempermudah pelaksanaan pemupukan, pengendalian hama penyakit dan pemeliharaan tanaman. 
4.Menghemat pemberian pupuk 
5. tanaman akan mempunyai efek pinggir petakan 

Tipe metode jajar legowo adalah (2 : 1), (3 : 1), (4 : 1), (5 : 1) dan (6 : 1), menurut penelitian dari tipe metode jajar legowo tadi, tipe (2 : 1) dan (4 : 1) lah yang mempunyai keunggulan dibanding yang lain, legowo dengan tipe (2 : 1) mendapatkan bulir gabah berkualitas benih sedangkan metode jajar legowo(4 : 1) memberikan hasil produksi gabah tinggi.

No comments

Post a Comment